Sukses

Tanggapan UIN Suska dan Pengakuan Mahasiswi yang Tepergok Mesum Saat Kuliah Online

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru mengakui tangkapan layar mahasiswi berbuat mesum saat kuliah online memang mahasiswi di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Liputan6.com, Pekanbaru - Tangkapan layar mahasiswi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) berbuat mesum saat kuliah online viral di Pekanbaru. Sang mahasiswi inisial AAF sudah membantah tapi pihak Fakultas Tarbiyah dan Keguruan tempatnya menimba ilmu berkata lain.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Pekanbaru Kadar M Yusuf, memohon maaf kepada masyarakat terkait hal yang sudah viral di WhatsApp grup.

Kadar menyebut sudah memanggil mahasiswi tersebut. Dia pun berjanji akan memproses sesuai dengan aturan dan ketentuan di universitas dan fakultas.

"Sudah panggil yang bersangkutan, dia mengakui kesalahannya, Insya Allah akan diproses," kata Kadar, Selasa petang, 1 Maret 2022.

Kadar menyatakan mahasiswi AAF juga sudah meminta maaf kepada universitas atas kekeliruan yang telah diperbuatnya.

Kadar menyebut, mahasiswi AAF bercumbu dengan pasangannya terjadi saat kuliah umum online di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska. Kuliah ini diikuti oleh ribuan mahasiswa di universitas tersebut.

"Masing-masing mahasiswa di tempat masing-masing, tidak di sini, dia mengakui kesalahan sepenuhnya," jelas Kadar.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diproses Etik

Kadar berjanji bakal memproses mahasiswi AAF secepatnya. Seberat apakah sanksinya nanti, Kadar menyatakan itu berdasarkan rapat kode etik di fakultas dan universitas.

"Berdasarkan aturan yang berlaku," jelas Kadar.

Kadar mengakui perbuatan mahasiswi AAF telah mencemari nama baik universitas. Di sisi lain, Kadar menyebut mahasiswi AAF belum pernah melakukan kuliah secara tatap muka. Mahasiswi AAF baru semester dua.

"Kalau yang laki-lakinya bukan mahasiswa sini," kata Kadar.

3 dari 3 halaman

Sanggahan Sang Mahasiswi

Sebelumnya, mahasiswi AAF sudah membuat video klarifikasi terkait tangkapan layar zoom meeting itu. Dia membantah orang yang dalam video itu adalah dirinya.

Dia pun meminta maaf kepada masyarakat Riau, khususnya kepada mahasiswa dan mahasiswi sejurusan, termasuk kepada universitas tempatnya menimba ilmu.

"Yang sudah beredar di acara kuliah tadi pagi, itu bukanlah saya," kata AAF.

AAF menyebut akun Whatsapp miliknya telah diretas oleh orang tak dikenal, begitu juga dengan akun surat elektronik atau email miliknya.

"Saya juga tidak tahu tentang foto itu, tahunya setelah diberitahu oleh teman," kata AAF.

Ketika melihat tangkapan layar itu, AAF sangat kaget. Meski demikian, AAF mengaku ikut zoom saat itu dan tengah berada di sebuah rumah di perbatasan antara Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

"Saya berada di tempat kawan saya dan manggil orangtuanya mama, teman saya itu perempuan namanya Dian, waktu itu di rumah hanya ada saya, mamanya dan Dian saja, laki-laki tidak ada sama sekali," tegas AAF.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.