Sukses

Menikmati Akhir Pekan di Situ Wangi, Surga di Pinggiran Pusat Kota Ciamis

Melalui proses revitalisasi dengan menalan dana hingga Rp 11 miliar dari kas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, wajah Situ telah berubah menjadi salah satu ikon lokasi wisata baru di kabupaten ‘Manis’ Ciamis, Jawa Barat.

Liputan6.com, Ciamis - Jika Anda tengah melalukan perjalanan di kawasan Ciamis, Jawa Barat, tak ada salahnya menyempatkan diri, walaupun sebentar, untuk menikmati kawasan wisata Situ Wangi, setelah revitaliasi situ, di Kecamatan Kawali.

Menawarkan keteduhan dan panorama asri alam terbuka bagi pengunjung, kehadiran Situ Wangi yang letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kabupaten Ciamis, diharapkan memberikan kebahagiaan dan keceriaan bagi Anda.

Bahkan melalui proses revitalisasi situ dengan menelan dana hingga Rp11 miliar dari kas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, wajah Situ telah berubah menjadi salah satu ikon wisata baru di Kabupaten ‘Manis’ Ciamis, dengan ragam manfaat dan faedahnya bagi masyarakat.

“Jawa Barat ini penuh banyak situ yang bisa dua fungsi, ekologisnya untuk sumber mata air, untuk irigasi dan lain lain, fungsi sosialnya meningkatkan kebahagiaan, ekonomi dan khususnya pariwisata,” ujar Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil atau Kang Emil saat peresmian Situ Wangi, Sabtu.

Menurutnya, potensi situ atau danau di Jawa Barat memiliki fungsi ganda dalam mempertahankan ekologi termasuk menghadirkan dampak sosial ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Khusus Situ Wangi, polesan revitalisasi Situ yang menelan anggaran belasan miliar itu, mampu menyulap kawasan itu menjali lebih ciamik untuk dikunjungi. Selain volume dan debit air yang tetap terjaga dengan baik sebagai daya tarik utama.

Kehadiran joglo atau saung untuk beristirahat membuat pengunjung nyaman. Selain itu, kehadiran fasilitas lainnya mulai lokasi Garden Party, anjungan untuk berfoto ria, area kuliner, area mini galeri, jogging track hingga menara pandang, dijamin membuat pengunjung bahagia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berubah Drastis

Bahkan keberadaan amfiteater yang didesain untuk pertunjukan, termasuk kehadiran ‘payung’ alami pohon rindang di sekelilingnya, membuat siapapun yang berkunjung di kawasan itu betah berlama-lama di sana.

Harapan Kang Emil memang tidak salah. Ssebagai orang nomor satu di Pemprov Jabar, Emil tahu betul potensi dan manfaat Situ Wangi bagi masyarakat Ciamis, serta pengunjung luar yang datang ke area wisata seluas 5 hektar itu.

“Di tempat yang istimewa ini sebuah komitmen, cita-cita, janji yang dulu awal mau pemilihan gubernur saya pernah datang,” ujar dia dalam kunjungan keduanya di kawasan wisata kebanggan Ciamis tersebut.

Tak mengherankan memasuki tahun ketiga pemerintahannya, tercatat sebanyak enam situ atau danau di Jawa Barat yang telah dipoles oleh gubernur arsitek lulusan ITB itu, termasuk Situ Wangi.

“Aspirasi dari warga Ciamis saya datangi dan saya hayalkan memang harusnya fungsi ekologis juga ada fungsi sosial juga,” ujar dia bangga.

Walhasil, setelah melakukan revitalisasi, kehadiran situ atau danau mulai memberikan dampak positif bagi warga. Selain menjaga ketersediaan air, termasuk fungsi sosial ekonomi dengan geliatnya ekonomi masyarakat sekitar.

“Dari antusiasme, media bisa melihat warga sangat berbahagia, teu aya anu baeud, cemberut, semua bahagia ceria over excited,” puji dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.