Sukses

Ganjil Genap di Bandung Kembali Berlaku, Ini Daftar Gerbang Tol dan Jadwalnya

Menghadapi PPKM level 3, Pemerintah Kota Bandung mengambil langkah sigap dengan kembali menerapkan sistem ganjil genap.

Liputan6.com, Bandung - Menghadapi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3, Pemerintah Kota Bandung mengambil langkah sigap dengan kembali menerapkan sistem ganjil genap. Pembatasan di pintu masuk Kota Bandung ini berlaku di lima gerbang tol setiap akhir pekan.

Adanya pemberlakuan ganjil genap tersebut merupakan upaya Pemkot Bandung untuk mengantisipasi lonjakan penyebaran Covid-19 varian Omicron dan juga mengurangi mobilitas di Kota Bandung.

"Kebijakan ini dilakukan sudah dikaji oleh Dishub dan Polrestabes Bandung. Ganjil genap ini bagian dari ikhtiar kita mengurangi orang masuk ke Kota Bandung," ucap Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Selasa (8/2/2022).

Menurut Yana, mobilitas masyarakat terus meningkat belakangan ini dengan berbagai tujuan kegiatan. Terutama warga dari Jabodetabek yang menjadi episentrum penyebaran Covid-19.

"Penyebaran Covid-19 ini masuk lewat interaksi manusia dan kita sudah paham bahwa episentrum penyebaran Covid-19 ini pusatnya di Jabodetabek. Jadi, kita sekarang mulai kembali menerapkan pembatasan untuk masuk ke Kota Bandung," katanya.

Adapun sistem ganjil genap bagi kendaraan yang hendak masuk Bandung tersebut bakal diberlakukan di lima gerbang tol pada saat akhir pekan. Kelima gerbang tol yakni Pasteur, Pasirkoja, Kopo, Mohammad Toha, dan Buah Batu. Penerapan tersebut akan dilakukan setiap Jumat hingga Minggu.

Terpisah, Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi Dishub Kota Bandung Asep Kuswara mengatakan, kendaraan yang ditertibkan yaitu pelat luar Bandung. Sejumlah pos dipersiapkan untuk melakukan pemantauan dan pengawasan.

Selain itu, pihaknya juga berencana menambah pos ganjil genap menuju jalur wisata seperti di Ledeng maupun di wilayah perbatasan yaitu Cibiru dan Cibereum. Pelaksanaan ganjil genap dimulai sejak pukul 06.00 WIB hingga sore hari.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bandung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.