Sukses

5 Tempat Wisata Dekat Sirkuit Mandalika, Usai Nonton Balapan Cus Liburan

Liputan6.com, Mataram - Menonton secara langsung ajang balapan motor dunia kini tak harus lagi jauh-jauh ke luar negeri. Indonesia belum lama ini memiliki sirkuit yang berkelas internasional. Bahkan, MotoGP 2022 juga bakal digelar di sirkuit ini.

Ya, Sirkuit Mandalika namanya. Lokasinya berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sirkuit ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 12 November 2021 lalu.

Sirkuit Mandalika bakal menjadi salah satu tempat yang dituju oleh para penggemar MotoGP. Bila bertandang ke Lombok Tengah, sayang sekali kalau hanya menonton ajang balap motor dunia.

Tidak jauh dari Sirkuit Mandalika, ada tempat-tempat wisata yang dapat dikunjungi. Beberapa tempat wisata di dekat Sirkuit Mandalika antara lain Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, Pantai Seger, Pantai Kuta Mandalika, dan Pantai Gerupuk.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

1. Bukit Merese

Bukit Merese dikenal juga dengan sebutan Bukit Cinta. Tempat wisata ini lokasinya tidak jauh dari Sirkuit Mandalika, masih berada di KEK Mandalika.

Bukit Merese siap memanjakan setiap wisatawannya yang berkunjung. Keindahan tempat wisata bertema alam ini tak perlu diragukan lagi.

Keindahan panorama alam Bukit Merese dapat terlihat dari rerumputan hijau yang terbentang subur. Selain itu, angin yang bertiup kencang membuat suasana Bukit Merese semakin asri.

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Bukit Merese antara lain menikmati sunset dan sunrise, menikmati keindahan Tanjung Aan dan Batu Payung, hingga bermain dengan sapi atau kerbau.

Karena tempatnya yang instagramable, tidak sedikit wisatawan yang memanfaatkan spot-spot menarik di Bukit Merese. Mereka tampak bahagia saat mengabadikan foto di Bukit Cinta ini.

3 dari 5 halaman

2. Pantai Tanjung Aan

Selain Bukit Merese, tempat wisata di dekat Sirkuit Mandalika lainnya adalah Pantai Tantung Aan. Pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Berada di KEK Mandalika, Pantai Tanjung Aan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 20 Oktober 2017. Kini Pantai Tanjung Aan menjadi salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi.

Butiran pasir Pantai Tanjung Aan berbentuk bulat-bulat besar bak biji merica. Inilah yang membuat pantai ini disebut pantai merica.

Bukan itu saja, Pantai Tanjung Aan juga memiliki ayunan selfe. Spot foto menarik ini kerap dimanfaatkan wisatawan untuk mengabadikan momennya saat liburan di Pantai Tanjung Aan.

4 dari 5 halaman

3. Pantai Seger

Selain Pantai Tanjung Aan, pantai lain yang dekat Sirkuit Mandalika adalah Pantai Seger. Pantai ini termasuk wisata yang populer di Lombok Tengah.

Pantai yang berada di Desa Sukadane, Kecamatan Pujut ini menyuguhkan keindahan alam yang ciamik. Inilah yang menjadi salah satu alasan wisatawan domestik hingga mancanegara berkunjung ke Pantai Seger.

Pantai Seger memiliki legenda yang diyakini oleh masyarakat setempat. Konon, Pantai Seger merupakan lokasi Putri Mandalika menenggelamkan diri.

Maka jangan heran kalau berkunjung ke pantai ini akan melihat deretan patung di bagian utara. Patung tersebut menggambarkan Putri Mandalika yang hendak membebaskan diri dari tiga laki-laki.

5 dari 5 halaman

4. Pantai Kuta Mandalika

Pantai Kuta Mandalika atau dikenal juga Pantai Kuta Lombok lokasinya tidak jauh dari Sirkuit Mandalika. Pantai ini kerap menjadi destinasi impian bagi wisatawan. Legenda pantai ini juga tidak lepas dari kisah Putri Mandalika.

Pantai Kuta Mandalika memiliki keindahan yang bakal memanjakan para pengunjungnya. Tak perlu bayar tiket masuk, pengunjung Pantai Kuta Mandalika hanya membayar parkir kendaraan. Lalu menikmati segala pesona di Pantai Kuta Mandalika.

5. Pantai Gerupuk

Pesona Pantai Gerupuk tak ingin kalah dengan pantai lainnya di Lombok Tengah. Pantai satu ini kerap menjadi andalan para peselancar untuk menantang ombak yang tinggi dengan hembusan kuat.

Pantai Gerupuk sangat cocok untuk para peselancar. Bahkan, ada beberapa spot yang digunakan oleh peselancar pemula hingga profesional.

Jika tidak menyukai aktivitas berselancar, wisatawan dapat bersantai di hamparan pasir putih dan memandangi pantai dari bukit. Selain itu, wisatawan juga bisa mengunjungi balai konservasi kelautan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.