Sukses

2.289 Personel Gabungan Dikerahkan untuk Beri Rasa Aman Saat Imlek di Sumut

Pihak Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) mengerahkan sebanyak 2289 personel gabungan saat Imlek 2573. Ribuan personel dikerahkan untuk memberikan rasa aman saat perayaan Imlek yang jatuh pada 1 Februari 2022.

Liputan6.com, Medan Pihak Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) mengerahkan sebanyak 2289 personel gabungan saat Imlek 2573. Ribuan personel dikerahkan untuk memberikan rasa aman saat perayaan Imlek yang jatuh pada 1 Februari 2022.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi mengatakan, para personel disebar ke vihara-vihara di wilayah Polda Sumut. Personel gabungan terdiri dari TNI, Satpol PP, dan stakeholder terkait.

"Para personel ditempatkan di objek-objek vital, seperti rumah ibadah yang akan dijadikan tempat perayaan Imlek," kata Hadi, Senin (31/1/2022).

Diungkapkannya, di beberapa titik vihara akan dilakukan sterilisasi oleh Sat Brimob Polda Sumut agar pelaksanaan ibadah berjalan dengan aman dan kondusif. Personel yang bertugas juga akan berjaga dari pagi hingga malam hari.

"Kita akan menjamin keamanan dan kondusivitas pada pelaksanaan Imlek," ungkapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sambangi Tempat Ibadah

Hadi menerangkan, saat patroli para petugas yang dikerahkan untuk pengamanan Imlek akan turun ke lapangan untuk memantau situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) sembari menyambangi sejumlah tempat ibadah.

"Patroli seperti ini bagian dari kegiatan rutin yang kita tingkatkan, terutama menjelang perayaan hari besar keagamaan," terangnya.

Para petugas juga memberi sosialisasi agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan pada perayaan Imlek 2573, sebab masih berada dalam situasi pandemi Covid-19.

"Para pengurus tempat ibadah atau vihara diimbau agar mengatur umat yang beribadah agar tidak terjadi kepadatan di tempat ibadah," terangnya.

3 dari 3 halaman

Cegah Klaster Covid-19

Hadi juga mengimbau, para pengurus tempat ibadah untuk menyiapkan tempat cuci tangan bagi umat yang akan beribadah, sehingga tidak menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19.

"Masyarakat yang akan melaksanakan ibadah diimbau selalu disiplin protokol kesehatan. Semoga perayaan Imlek tahun ini berjalan aman dan kondusif," Hadi menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.