Sukses

Deretan Olahan Tahu di Bandung yang Terkenal Enak dan Unik

Tahu merupakan kuliner populer hingga berbagai macam olahannya bisa ditemukan dengan mudah, termasuk di Bandung.

Liputan6.com, Bandung Siapa yang enggak suka tahu? Makanan yang satu ini kelewat populer hingga berbagai macam olahannya bisa ditemukan dengan mudah, termasuk di Bandung.

Sebagai gudangnya kuliner, Bandung memang menawarkan berbagai macam kuliner. Termasuk kuliner yang terbuat dari tahu.

Dari jajanan kaki lima, sampai restoran dan kafe bintang lima. Harganya? Jangan khawatir, karena tahu merupakan makanan rakyat yang harganya bisa dipastikan cukup ramah di kantong.

Sementara untuk urusan rasa, tak perlu mempertanyakan lagi citarasa makanan yang usianya sudah lebih dari 2000 tahun ini.

Tahu memiliki sentuhan rasa gurih, yang dipadukan dengan teksturnya yang lembut. Kombinasi keduanya membuat tahu cocok diolah untuk berbagai jenis makanan. Meski kebanyakan, tahu diolah untuk kuliner bercita rasa gurih, namun sentuhan manis pun tak akan meninggalkan kelezatan tahu.

Jika tak percaya, yuk simak 6 jajanan jajanan olahan tahu di Bandung berikut.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bandung

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Batagor

Batagor sudah melekat sebagai salah satu jajanan olahan tahu khas Bandung. Makanan yang satu ini terbuat dari tahu putih yang diisi adonan ikan tenggiri dan kemudian digoreng.

Gurih menjadi rasa yang mendominasi kuliner yang satu ini. Apalagi dengan cocolan sambal kacangnya yang pedas, gurih, dan manis. Manisnya sambal kacang biasanya didapat dari kecap. Tambahkan perasan air jeruk purut untuk menambah kekayaan rasa.

Garing, lembut, kenyal semua melebur bersama pedas, gurih, manis, dan asam. Siapa yang bisa menolak batagor?

3 dari 7 halaman

Tahu Brintik

Tahu brintik juga banyak ditemukan di Bandung. Untuk jajanan yang satu ini, gurih mendominasi rasanya. Tapi biasanya, para pedagang tahu brintik menyediakan beberapa bumbu taburan yang bisa dipilih.

Salah satunya, menawarkan rasa manis dan gurih. Tambahkan taburan cabai bubuk dan kamu akan mendapatkan kuliner bertekstur renyah yang juga memiliki rasa yang kaya.

4 dari 7 halaman

Gehu

Jajanan olahan tahu di Bandung lainnya adalah gehu alias tahu isi goreng. Biasanya gehu bisa ditemukan di pedagan-pedagang gorengan. Tapi ada juga pedagang yang hanya menjual tahu isi dengan rasa yang pedas menggigit.

Gehu dan gehu pedas umumnya memiliki citarasa gurih, tapi tetap mampu menggoda dan memikat banyak orang dengan kombinasi rasa dan teksturnya. 

5 dari 7 halaman

Tahu Susu

Tahu Susu Lembang, sekilas memang tak terlihat istimewa. Apalagi kuliner yang satu ini hanya diolah dengan cara digoreng.

Tapi begitu mencicipinya, kelembutan teksturnya pasti akan membuatmu ketagihan. Karena tahu yang satu ini memang dikenal dengan teksturnya yang lebih lembut dari kebanyakan tahu di Bandung.

Tambahkan dengan cocolan sambal kecap khasnya. Perpaduan lembut, manis dan pedas yang intens,  semua akan kamu dapatkan dari sepotong tahu susu lembang. Menarik kan?

6 dari 7 halaman

Kupat Tahu

Salah satu menu sarapan ini banyak ditemukan di sudut Kota Bandung. Meski sebenarnya, kupat tahu adalah makanan khas Tasikmalaya.

Biasanya, para pedagang kupat tahu akan menawarkan dua jenis kupat tahu. Kupat tahu petis dan kupat tahu. Jika tertarik, kamu bisa mencicipi kupat tahu petis yang perpaduan rasanya lebih kaya ketimbang kupat tahu biasa.

Kupat tahu petis biasanya disiram dengan sambal kacang dengan campuran petis, yang dibuat secara mendadak oleh pedagangnya. Dengan aroma dan rasanya yang khas, petis membuat sambal kacang menjadi lebih unik. Manis, gurih, pedas, sedikit sentuhan asam dari perasan air jeruk purut serta aroma  petis yang harum. Kupat tahu petis bisa jadi pilihan menu sarapan menarik.

7 dari 7 halaman

Baso Tahu

Jajanan olahan tahu di Bandung yang juga terkenal adalah baso tahu. Pedagang baso tahu juga bisa ditemukan di seluruh penjuru kota Bandung.

Menu umum yang biasa ditemukan di pedagang baso tahu adalah, siomay, baso tahu kukus, baso tahu goreng, telur rebus, kentang, kol, dan paria. Kamu bisa memilih semuanya jika suka. Karena baso tahu juga menawarkan kelembutan, kekenyalan berpadu dengan gurih manisnya sambal kacang.

Gimana, menarik kan? Yang mana jajanan olahan tahu di Bandung favoritmu?

Penulis: Mega Dwi Anggraeni

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.