Sukses

Penyebaran Paham NII Makin Merajalela, NU Garut Tagih Ketegasan Pemerintah

Liputan6.com, Garut - Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), Garut, Jawa Barat menunggu gebrakan nyata upaya pemerintah memberantas penyebaran paham radikal Negara Islam Indonesia (NII) di Garut.

Ketua Tanfidziyah Cabang (PC) NU Garut KH Atjeng Abdul Wahid mengatakan saat ini penyebaran faham radikal NII sudah menyebar hampir di seluruh kecamatan kabupaten Garut.

“Kita punya 42 MWC (Majelis Wakil Cabang), setelah kami cek, ternyata hanya satu yang belum kemasukan paham radikal NII,” ujar Ceng Wahid, panggilan akrab kiai sepuh di Garut itu.

Menurutnya, sejak kemunculan fakta pembaiatan yang dilakukan seorang remaja terhadap 59 warga di Kecamatan Garut Kota, Oktober tahun lalu, saat ini pola penyebaran mereka semakin merajalela. “Kami menganggap Garut ini riskan, sangat mengkhawatirkan,” ujar dia.

Dengan pola penyebaran gerakan radikal NII di masyarakat yang dilakukan secara tersembunyi atau massif, Ceng Wahid berharap Pemerintah Daerah (Pemda) Garut dan pemerintah pusat turun tangan melakukan upaya pemberantasan.

“Ini harus disikapi serius oleh semua pihak. Penegak hukum, keamanan, pemerintah,” pinta dia.

Sejak aksi damai demo ribuan santri Aliansi Masyarakat Garut Anti-radikalisme dan Intoleran (Almagari) yang dilakukan awal Januari lalu, hingga pergerakan pemda melakukan pemberantasan gerakan radikal NII dinilai masih jalan di tempat.

“Seharusnya itu (setelah demo) harus berlanjut (penindakan),” ujar dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini: