Sukses

Bikin Candu, Ini 5 Bubur Ayam Bandung Terfavorit

Liputan6.com, Bandung Semangkuk bubur ayam hangat bisa jadi menu sarapan yang sempurna. Tak heran jika banyak pedagang bubur ayam bandung yang muncul di pagi hari dan beberapa jadi bubur ayam favorit di Bandung.

Bubur ayam memang jadi salah satu kuliner favorit di Indonesia. Setiap daerah memiliki bubur ayam khasnya masing-masing. Sebut salah satunya Bubur Ayam Cianjur, yang disajikan dengan kuah kaldu berwarna kuning. Sementara toppingnya, sedikit banyak serupa dengan bubur ayam bandung.

Bubur Ayam Bandung biasanya disajikan tanpa kuah kaldu karena rasa buburnya pun sudah gurih. Topping pelengkap Bubur Ayam Bandung beragam, tapi umumnya irisan cakwe, suiran ayam, kacang kedelai, seledri, bawang goreng, dan kerupuk. Di beberapa tempat di Bandung, pedagang bubur ayam tidak memberikan kacang kedelai sebagai topping atau mengganti seledri dengan irisan daun bawang.

Ada juga pedagang yang memberikan pilihan topping tambahan seperti telur rebus, usus ayam, dan ati ampela. Semua tergantung tempat dan juga selera pembeli.

Selain itu bubur ayam bandung juga tak hanya bisa dijumpai sebagai menu sarapan. Beberapa pedagang bubur ayam buka di malam hari, beberapa bahkan membuka lapaknya selama 24 jam. Jadi, kamu yang mendadak lapar tengah malam, bisa merapat ke salah satu pedagang bubur ayam tersebut.

Yang jadi pertanyaan adalah, bubur ayam bandung mana saja yang jadi favorit? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak lima rekomendasi bubur ayam terfavorit di Bandung.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Bubur Ayam Bejo

Ini jadi salah satu bubur ayam terfavorit di Bandung. Apalagi dulu Bubur Ayam Bejo buka selama 24 jam nonstop. Jadi siapa pun yang kelaparan tengah malam dan ingin menikmati sesuatu yang hangat dan gurih bisa langsung melipir ke Bubur Ayam Bejo.

Bubur Ayam Bejo adalah salah satu bubur ayam yang tidak menggunakan kacang kedelai goreng sebagai topping. Selain itu, kerupuk hanya diberikan jika kita memintanya. Tapi sebagai gantinya, kamu akan mendapatkan suiran daging ayam dan potongan cakue yang melimpah.

Bubur Ayam Bejo

Jalan Baranang Siang No. 41

Kebon Pisang, Bandung.

Jam Buka: Setiap hari, jam 8 pagi – 8 malam.

3 dari 6 halaman

Bubur Ayam Gibbas

Ingin bubur ayam bandung dengan suiran ayam tumpah ruah, kamu bisa datang ke Kebon Jati. Di sana ada Bubur Ayam Gibbas, yang juga jadi salah satu bubur ayam terfavorit di Bandung.

Selain ayamnya yang berlimpah, porsi satu mangkuk Bubur Ayam Gibbas juga sangat banyak. saking banyaknya kamu akan diberi topping di mangkok terpisah. Langkah paling bijaksana adalah memesan satu bubur ayam untuk dimakan berdua dengan temanmu. Kecuali, kamu memang kuat makan banyak.

Yang membuat bubur ayam ini istimewa adalah, kamu akan diberi emping sebagai ganti kerupuk berwarna orange yang biasa kamu dapatkan di pedagang bubur ayam.

Bubur Ayam Gibbas

Jalan Kebon Jati No.187

Andir, Bandung

Jam Buka: Selasa-Sabtu, jam 5.30 pagi – 11.30 siang dan jam 4 sore – 11.30 malam

Minggu: jam 5.30 pagi – 11.30 siang

Senin: jam 4 sore – 11.30 malam.

4 dari 6 halaman

Bubur Ayam Mang H Oyo

Bubur Ayam Mang H Oyo adalah salah satu yang paling terkenal di Bandung. Saking terkenalnya, cabang Bubur Ayam Mang H Oyo tersebar di seantero Bandung raya.

Salah satu bubur ayam terfavorit di Bandung ini terkenal karena buburnya yang sangat kental sampai tidak tumpah kalau mangkuknya di balik. Inilah demo yang sering dipamerkan Pak H Oyo sejak dulu. Pak H Oyo juga sering mengajak becanda pelanggannya.

Cobalah untuk minta kacang kedelai, dan dia akan datang dengan membawakan mangkuk besar namun ketika dibuka isinya hanya satu butir kacang kedelai goreng.

Di samping itu, bubur ayam yang satu ini juga memang terkenal dengan rasanya yang gurih. Jadi, jika tidak terlalu suka topping kamu bisa menikmati semangkuk bubur ayam polos.

Bubur Ayam Mang H Oyo

Jalan Sulanjana No.30

Tamansari, Bandung.

Jam Buka: Setiap hari, jam 6 pagi – 2 siang.

5 dari 6 halaman

Bubur Ayam Pelana

Kamu yang tidak terlalu suka bubur ayam dengan tekstur kental, bisa datang ke Bubur Ayam Pelana. Di tempat ini, kamu akan mendapatkan bubur ayam dengan tekstur yang lebih encer. Tekstur inilah yang menjadi keunggulan dari salah satu bubur ayam terfavorit di Bandung ini.

Dengan tekstur yang lebih encer, gurihnya kaldu yang digunakan untuk membuat bubur akan semakin terasa. Untuk menikmati semangkuk bubur ayam, kamu juga bisa memilih topping seperti ati ampela, kulit, dan telur.

Bubur Ayam Pelana

Jalan Burangrang No.12

Lengkong, Bandung.

Jam buka: Setiap hari, jam 6 pagi – 10 pagi dan jam 4 sore – 11 malam.

6 dari 6 halaman

Bubur Ayam H Amid

Bubur Ayam H Amid juga terkenal dengan tekstur buburnya yang kental. Tapi yang membuatnya jadi salah satu bubur ayam terfavorit di Bandung adalah, pilihan telur sebagai topping bubur ayam pilihanmu. Kamu bisa memilih telur setengah matang atau telur mentah.

Bubur Ayam H Amid

Jalan Pajajaran No.105

Pamoyanan, Bandung.

Jam buka: Setiap hari, jam 5 pagi – 11 malam.

Penulis Mega Dwi Anggraeni