Sukses

Jadi Penyebab Ledakan Rumah di Pandeglang, Bahan Pembuat Bom Ikan Dihancurkan

Bahan peledak untuk membuat bom ikan yang ditemukan di sekitar lokasi ledakan di Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Banten, dimusnahkan oleh Jibom Brimob Polda Banten. Penyisiran bahan peledak dilakukan polisi Senin, 10 Januari 2022. 

Liputan6.com, Pandeglang Bahan peledak untuk membuat bom ikan yang ditemukan di sekitar lokasi ledakan di Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Banten, dimusnahkan oleh Jibom Brimob Polda Banten. Penyisiran bahan peledak dilakukan polisi Senin, 10 Januari 2022.

"Setelah kemarin kami menemukan barang bukti bahan peledak di lokasi ledakan, hari ini tim Jibom Den Gegana Satbrimob Polda Banten melakukan disposal," kata Dansat Brimob Polda Banten, Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho, Selasa (11/1/2022).

Hasil dari penyisiran, polisi menemukan bahan peledak Flash Powder yang termasuk ke dalam Low Explosive. Dia memastikan pemusnahan bahan peledak sudah sesuai prosedur tetap (protap) dan tidak membahayakan.

"Disposal ini kami lakukan sesuai dengan protap yang ada," ujarnya.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Disposal Bahan Bom Ikan

Tim penjinak bom (Jibom) menerangkan prosedur pemusnahan bahan peledak atau disposal dengan cara menggali lubang di sebuah lahan kosong yang jauh dari jangkauan manusia. Kemudian diberi label panjang yang dianggap aman, selanjutnya diledakkan.

Pemusnahan dilakukan polisi, agar tidak ada penyalahgunaan bahan peledak dan tidak membahayakan manusia.

"Lokasi disposal juga steril dari masyarakat umum," kata Kanit Jibom Den Gegana Satbrimob Polda Banten AKP Edison, Selasa (11/01/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.