Sukses

Wajah 'Geulis' Alun-Alun Garut Setelah Revitalisasi

Liputan6.com, Garut - Wajah Alun-alun Garut, Jawa Barat segera berubah. Penampilan ‘Geulis’ sebagai titik nol kota Intan, bakal segera dinikmati warga pada 22 Januri mendatang usai peresmian, setelah hampir 150 hari proses revitalisasi pembangunan.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, proses revitalisasi Alun-alun Garut merupakan kolaborasi Pemda Garut dengan Pemprov Jawa Barat, dengan anggaran dari Pemprov Jabar dan desain bangunan langsung dari Gubernur Ridwan Kamil selaku arsitek.

“Makanna ini adalah proyek Gubernur Jawa Barat, ini bagus juga terima kasih lah ke Pak Gubernur,” ujarnya, kemarin.

Setelah lima bulan mengalami perbaikan, Rudy menyatakan masih menemukan adanya beberapa perbaikan kecil hasil masukan dari Kang Emil, sapaan Gubernur Ridwan Kamil. “Beliau kan arsitek jadi beliau lebih paham dari saya,” kata dia.

Seperti diketahui pembangunan revitalisasi Alun-alun Garut menghabiskan anggaran hingga 15 miliar. Menggunakan anggaran dari Provinsi Jawa Barat, wajah Alun-alun Garut dipermak seluruhnya dengan menghadikan beberapa fasilitas baru bagi publik. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 2 halaman

Reaktivasi Jalur Kereta

Selain kehadiran tribun dan ruang terbuka bagi publik yang cukup luas seperti taman bermain anak, fasilitas Alun-alun juga akan dilengkapi ruang perpustakaan publik, ruang komunal tempat berkumpul, hingga kehadiran fasilitas amphitheater.

Meskipun menggunakan pengerasan paving blok, batu ambosit dan granit, keberadaan pohon besar, serta keberadaan lapangan Alun-alun yang kerap difungsikan sebagai area upacara kenegaraan di Garut tetap lestari seperti semula, tanpa perubahan fungsi.

Dalam kesempatan itu, Rudy tak sungkan menyinggung rencana pengaktifan kembali jalur kereta api Stasiun Garut kota. Rudy memperkirakan awal Februari mendatang, pengoperasian jalur kereta api sudah dibuka secara resmi.

“Kereta api itu Ini lagi nunggu momen Bapak Presiden ya,” kata dia.

Rencannya dalam waktu dekat Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera melangsungkan kunjungan kerja ke kabupaten Garut dalam kegiatan Kementerian Pertanian, sehingga bisa digabungkan dengan rencana pembukaan operasional jalur kereta Stasiun Garut.  

“Cobalah nanti kita lagi cari waktu ya (agar diresmikan oleh Presiden RI),” kata dia.