Sukses

Wapres Dijadwalkan Resmikan Monumen Perjuangan Pandemi Covid-19 Jabar Besok

Liputan6.com, Bandung - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dikabarkan akan meresmikan Monumen Perjuangan Pandemi Covid-19 Jawa Barat di Kota Bandung, pada Sabtu (4/12/2021). Hal itu diungkapkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

"Tadinya (akan diresmikan) presiden, jadinya wapres. Tapi apa pun itu peresmian itu harus berlangsung agar jadi teladan bagi daerah lain agar bisa melakukan penghormatan yang sama dalam bentuk dan ekspresi masing-masing," kata pria yang akrab disapa Emil itu di Bandung, Jumat (3/12/2021).

Seperti diketahui, monumen Covid-19 yang berada di Jalan Surapati ini didedikasikan untuk tenaga kesehatan di kawasan Monumen Perjuangan Rakyat, Kota Bandung.

Emil menuturkan bahwa pembangunan monumen tersebut direncanakan sebelum pandemi Covid-19 meski belum ada niatan ditujukan kepada para tenaga kesehatan.

"Niat mulianya menghargai pahlawan yang gugur saat kita berjuang melawan covid, karena ada ratusan yang meninggal dunia," ungkapnya.

Emil menjelaskan, dipilihnya lokasi monumen di kawasan tersebut mengingat dari Gasibu sampai monumen perjuangan merupakan untuk memberikan penghormatan kepada pejuang di Jabar.

Selain itu, dana yang dipakai untuk membangun monumen Covid-19 bukan menggunakan hasil refocusing anggaran.

"Ini mah sudah dianggarkan sebelum pandemi, yang dulu didesain masterplan tiga tahun untuk revitalisasi. Tapi karena ada pandemi, si ruang publik ini dikonversi menjadi untuk pahlawan covid-19," tutur Emil.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: