Sukses

Perusahaan asal Yogyakarta Kembangkan Kecerdasan Buatan untuk Tekan Angka Kasus Kecelakaan Kerja  

Liputan6.com, Yogyakarta- Perusahaan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan asal Yogyakarta Widya Robotics merespon angka kasus kecelakaan kerja di perusahaan konstruksi dan pertambangan di Indonesia dengan mengembangkan teknologi on site monitoring. On site monitoring buatan perusahaan Yogyakarta ini adalah sistem pengawasan menggunakan media kamera CCTV dan teknologi AI untuk mendeteksi kelengkapan alat pengaman dari (HSE) pada pekerja konstruksi di lapangan.

On site monitoring dapat dipantau secara real time oleh manajemen QHSE melalui dashboard atau software pada komputer. 

Widya Robotics mengembangkan teknologi on site monitoring yang dapat mendeteksi alat pengaman diri seperti helm, kacamata pengaman, rompi dan body harness, sarung tangan hingga sepatu pengaman. Tidak hanya itu, on site monitoring juga bisa mendeteksi apa pun sesuai kebutuhan karena dasar dari komputasi dari teknologi AI adalah image processing.

“Artinya, jika ada penambahan objek atau alat pengaman tambahan juga dapat dideteksi,” ujar Alwy Herfian Satriatama, CEO Widya Robotics, dalam siaran persnya di Yogyakarta, Senin (29/11/2021).

Menurut Alwy, meningkatnya jumlah pembangunan di Indonesia sejalan dengan kebutuhan On Site QHSE Monitoring saat ini. Oleh karena iu, Widya Robotics mengembangkan teknologi ini untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan biaya yang lebih murah.

Saat ini on site monitoring dari Widya Robotics Yogyakarta telah digunakan oleh tiga perusahaan konstruksi di Indonesia.

Saksikan video pilihan berikut ini: