Sukses

Hina Rizieq Shihab dan Sebut Bir Halal, Komika McDanny Dilaporkan ke Polisi

Liputan6.com, Bandung - Komika Dani Jaya Wardhana atau yang lebih dikenal dengan nama McDanny dilaporkan ke Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung karena dugaan pernyataan yang terindikasi merusak moral generasi muda bangsa dan ada unsur penistaan agama.

Terkait kasus ini, Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung memastikan kasus ini akan diusut tuntas. Adapun pelaporan itu dilakukan oleh lembaga swadaya masyarakat (LSM) DPD Pekat Jabar pada Selasa pada (19/10/2021) malam.

"Sudah kita terima laporan dan kita lakukan penyelidikan. Sudah kita proses, besok akan disampaikan perkembangannya," kata Aswin, Rabu (20/10/2021).

Kepala Satreskrim Polrestabes Bandung AKBP Rudi Trihandoyo pun membenarkan adanya laporan tersebut. Dia mengatakan, saat ini pihaknya masih mendalami laporan dari ormas itu.

Terkait pemanggilan terhadap McDanny, Rudi mengatakan bahwa hal itu masuk dalam teknis penyelidikan. "Kita dalami dulu untuk upaya teknis (penyelidikan) ke depan," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris DPD Pekat Jabar Sonny Chaniago mengatakan, pihaknya melaporkan komika McDanny karena dalam sebuah acara mengeluarkan pernyataan yang terindikasi merusak moral generasi muda bangsa dan ada unsur penistaan agama.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Satreskrim Polrestabes. Pada dasarnya, kami ingin melaporkan tentang (dugaan) penistaan agama. MUI (dilibatkan) untuk mengeluarkan fatwa," kata Sony.

Sony menuturkan, DPD Pekat Jabar berpendapat McDanny menista agama melalui video yang viral di media sosial. Ada perkataan Dani bahwa bir dan sabu itu halal. Sementara agama Islam, kitab suci Al-Qur'an, dan fatwa MUI menyatakan, bir dan sabu itu haram.

Karena itu, Sony berharap McDanny diberikan efek jera. "Jadi, meledek dan menista agama itu (akhirnya) menjadi suatu hal yang biasa. Kami tidak mau lah hal-hal seperti ini nanti jadi hal yang biasa," ujar Sony.

Diketahui, awalnya McDanny membandingkan kehalalan bir dan sabu, kemudian menyinggung perempuan berhijab pada suatu acara. Tak sampai di situ, ia juga melontarkan kata-kata yang diduga hinaan kepada Rizieq Shihab.

Usai videonya ramai diperbincangkan, video rekaman lainnya muncul yang berisi permintaan maaf McDanny.

"Assalamualaikum, saya McDanny ingin mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh umat Muslim, ormas-ormas Islam, terutama kepada ulama, sahabat, dan keluarga besar habib," ujar McDanny.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini