Sukses

Uniba Survey Pelayanan Masyarakat, Polres Pati Dapat Hasil Tertinggi

Melalui survey pelayanan excellent Polres Pati mendapat apresiasi dari salah satu universitas di Surakarta yakni Universitas Islam Batik Surakarta.

Liputan6.com, Solo Upaya yang terus dilakukan oleh Polres Pati terus mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, kini Polres Pati mendapatkan apresiasi dari Universitas Islam Batik (Uniba) Surakarta. Penghargaan tersebut diberikan Uniba setelah pihak universitas di Surakarta itu melakukan survey pelayanan, dan Polres Pati mendapatkan hasil excellent karena pelayanan yang baik di wilayah hukumnya.

Perwakilan dari Uniba Surakarta, Supawi Pawenang mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan survei indeks tata kelola pelayanan publik dari responden internal (SDM Polres) dan eksternal (masyarakat umum).

Tak hanya itu, survei juga dilakukan di tempat pelayanan SIM dan SKCK di Polres Pati.

“Kami telah melakukan survei di enam area, yaitu manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan manajemen SDM, penguatan kualitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan pelayanan publik,” ujar Supawi kepada Liputan6.com, Kamis (7/10/2021).

Pemberian penghargaan dilakukan di halaman Mapolres Pati usai pelaksanaan apel pagi. Penghargaan berdasarkan survei dari Uniba Surakarta, tentang pelayanan yang dilakukan Polres Pati.

Untuk diketahui, survei menunjukkan bahwa indeks nilai yang diraih Polres Pati mencapai 96,7. Perolehan ini masuk kategori excellent karena di atas 95.

"Kategorisasi penilaian yang digunakan Uniba ialah Excellent untuk skor 95-100, sangat baik 90-95, baik 80-90 baik, dan cukup 70-80," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Agar Wilayah Bebas dari Korupsi

Supawi menambahkan, hasil survei pelayanan publik dari responden eksternal hasilnya sangat baik. Ia menyebut rata-rata survey itu didapatkan dari pelayanan SIM dan SKCK penilaiannya baik. "Kondisi ini bisa dinaikkan menjadi sangat baik dengan meningkatkan transparansi dalam proses pelayanan SIM dan SKCK," tutur dia.

Sementara itu, Kapolres Pati AKBP Christian Tobing mengatakan bahwa penghargaan ini memang merupakan hasil evaluasi pelayanan terhadap masyarakat.

"Penghargaan ini memang merupakan hasil evaluasi pelayanan terhadap masyarakat. Didapatkan melalui survei yang dilakukan Uniba terhadap kepuasan masyarakat," kata dia di kantornya.

Menurutnya, hal itu adalah upaya meningkatkan mutu pelayanan Polres Pati dalam rangka pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi.

“Kami mengucapkan terima kasih pada pihak Universitas Islam Batik Surakarta dan lembaga surveinya yang memiliki kredibilitas serta kapabilitas,” kata dia.

Ia menyebut, selain dari pihak akademisi dari universitas, survei pembangunan zona integritas juga melibatkan unsur eksternal dari tokoh agama dan tokoh masyarakat.

"Kita akan selalu melakukan evaluasi dan pengawasan dalam rangka memperbaiki kinerja pelayanan. Kekompakan dan soliditas anggota Polres Pati harus selalu terjaga. Tidak ada keberhasilan dari pimpinan, yang ada ialah keberhasilan bersama," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini