Sukses

Sentra Vaksinasi Garut Gelontorkan Ratusan Dosis Vaksin Pfizer, Buruan Sebelum Habis

Liputan6.com, Garut - Terhitung mulai hari ini hingga Sabtu (9/10/2021) mendatang, vaksinasi Covid-19 yang digelar Pemerintah Garut, Jawa Barat mulai menggunakan vaksin jenis Pfizer.

Vaksin hasil kolaborasi perusahaan Jerman, BioNTech dan Negeri Paman Sam, Amerika Serikat, Pfizer tersebut, dinilai memiliki tingkat efikasi hingga 95 persen.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut, Asep Surachman, untuk mencapai target tinggi herd immunity yang dicanangkan pemerintah, pemda Garut terus menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal.

“Pemda Garut telah menyediakan Sentra Vaksinasi di Gedung Pendopo, di Jalan Kabupaten, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, yang dibuka hingga akhir tahun nanti,” kata dia, Rabu (6/10/2021).

Khusus hingga empat hari ke depan, terhitung sejak Rabu-Sabtu mendatang, Sentra Vaksinasi Garut bakal menyediakan vaksin jenis Pfizer yang dikenal memiliki banyak keunggulan dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 tersebut.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Ratusan Dosis

Selain memiliki keunggulan Efikasi 95 persen, yaitu vaksin Pfizer dikenal terbarukan dengan Platform mRNA, tidak ada komponen Virus SAR Cov-2, dan memiliki interval dosis 2 yakni 21 hari.

“Kami menyediakan hingga lebih 500 dosis Vaksin Pfizer yang dikenal memilki Efikasi 95 persen,” kata dia.

Bagi masyarakat yang akan melakukan vaksinasi di Pendopo Garut ujar dia, bisa datang langsung ke lokasi dengan membawa fotokopi Kartu Identias seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Pelayanan Sentra Vaksinasi buka setiap hari (kecuali tanggal merah), dengan membuka kurang lebih kuota 2.000 dosis per hari,” kata dia.

Seperti diketahui, dalam uji klinis fase ketiga vaksin Pfizer menunjukkan efikasi hingga 100 persen pada kelompok usia 12-15 tahun. Sementara ketika diberikan kepada usia 16 tahun ke atas, tingkat efikasinya menjadi 95,5 persen.