Sukses

Mari Berbatik dalam Keseharian

Gerakan kampanye bertajuk 'berkain batik dalam keseharian' mendorong pelestarian batik nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Tjanting Batik Nusantara (TBN) dan Swara Gembira berkolaborasi untuk kampanye menjadikan batik sebagai bagian gaya hidup masyarakat Indonesia secara lebih luas. Kampanye bertajuk 'berkain batik dalam keseharian' ini intensif digencarkan setidaknya dalam dua tahun terakhir.

Aksinya sejauh ini dilakukan melalui media sosial dengan tagar #berkaingembira dan #berkainbersama. Kampanye ini mengusung semangat pelestarian batik secara berkelanjutan.

Pada momentum perayaan Hari Batik Nasional 2 Oktober 2021, Yayasan Tjanting Batik Nusantara dan Swara Gembira bakal menggelar serangkaian acara untuk merayaan Hari Batik Nasional, 2-11 Oktober 2021, secara daring, dengan tema Pop Batik Cons 2021 - 'Ketika Malam Mencipta Semesta'.

Maknanya adalah, kata 'malam' juga merujuk pada lilin yang merupakan bahan utama dalam prosespembuatan batik. Sedangkan 'semesta' adalah kehidupan manusia sejak lahir sampai kembali ke pangkuan Sang Pencipta.

"Betapa batik merupakan ekspresi dan harapan yang diungkapkan lewat motif-motifnya," demikian dijelaskan dalam keterangan tertulisnya.

Pembukaan acara dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada Sabtu, 2 Oktober 2021. Pada hari yang sama Menteri Sandiaga Uno juga menjadi keynote speaker dalam konferensi/lokakarya yang menghadirkan narasumber Asmara Abigail dan Lukman Sardi dengan moderator Rifan Rahmani.

Acara berikutnya lomba #adugaya, di mana para peserta wajib menggunggah foto berkain dengan nuansa warga gelap pada story/feed Instagram, mulai 3-9 Oktober 2021.

Lalu ada #Ciptawastra yakni pembuatan konten vlog, di mana youtuber fashion, Alegeor, bakal berkunjung ke studio workshop Rini Sancaya dan membuat karya Batik Indigo yang dipadukan dengan koleksi pakaiannya. Konten vlog tersebut akan ditayangkan di Youtube Swara Gembira, IG TV Swara Gembira dan IG TV Batik Perdamaian Dunia, pada 5 Oktober 2021.

Acara lainya, yakni #Berkain24jam. Program ini menampilkan para tokoh seperti Tretan Muslim (industri komedi), Dr Tirta (Fashion), Karin Novilda (Industri gaya hidup) dan Andovi Da Lopez. Mereka ‘ditantang’ untuk mengenakan kain batik dalam beraktivitas keseharian, selama 24 jam. Acara ini akan ditayangkan di Youtube Swara Gembira, IG TV Swara Gembira dan IG Yayasan TBN, 3-8 Oktober 2021.

Yang tak kalah menarik program #Selamatulangtahun, di mana penyanyi dan penulis lagu, Nadin Amizah, membuat karya batik merujuk pada lirik tembangnya. Batik kreatif karya Nadin akan dimaperkan sebagai instalasi selama 1 minggu dan akhirnya akan dilelang.Acara ini bisa diakses di youtube Swara Gembira dan IG TV Swara Gembira.

Saksikan Video Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.