Sukses

Buka Tutup Jalur Padang - Solok Akibat Longsor

Jalur Padang-Solok buka tutup karena material longsor menutupi badan jalan.

Liputan6.com, Padang - Jalur lintas Padang-Solok kembali dilanda bencana longsor akibat hujan deras mengguyur wilayah itu pada Rabu (28/9/2021).

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur mengatakan longsor terjadi pada sore tepatnya di Kelurahan Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan.

Akibat longsor itu, untuk sementara jalur Padang-Solok buka tutup, sebab sebagian material menghambat jalur lalu lintas.

"Petugas sudah di lapangan membersihkan material," kata Rumainur, Rabu (29/9/2021).

Ia mengimbau pengendara yang sedang melintas di lokasi, agar meningkatkan kewaspadaan karena saat ini hujan masih mengguyur.

"Iya hujan masih sangat deras, masyarakat yang berencana melakukan perjalanan juga sebaiknya diundur sementara," ujarnya.

Sementara, informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau hujan yang terjadi di sebagian besar wilayah Sumbar hari ini, Rabu (29/9/2021) sudah masuk kategori ekstrem.

"Hujan 44 milimeter dalam tiga jam untuk pengamatan di BMKG Minangkabau," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau, Yudha Nugraha.

Menurutnya, hari ini merupakan puncak cuaca buruk yang terjadi di Sumbar, meski demikian untuk beberapa hari ke depan masih berpotensi hujan namun tidak seekstrem hari ini.

Pihaknya memperkirakan kecenderungan hujan mulai menurun pada lusa, karena pola gangguan cuaca seperti Osilasi Madden Julian mulai melemah.

"Waspada potensi bencana seperti banjir, longsor dan pohon tumbang," ia menambahkan.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.