Sukses

Beasiswa untuk 2 Guru Berprestasi Al Madinah Islamic School Makassar dari Brigjen Purnawirawan Bachtiar

Liputan6.com, Makassar - Dua guru berprestasi di Al Madinah Islamic School Makassar mendapatkan beasiswa pendidikan dari Almarhum Brigadir Jenderal (Purn) H. Bachtiar. Kedua guru tersebut diberikan beasiswa pendidikan demi meningkatkan kualitas tenaga pengajar di Al Madinah Islamic School.

Ketua Yayasan Al Madinah Islamiyah Makassar, Haydar Muhammad Bachtiar menyebutkan kedua guru tersebut adalah Sri Sherli Novianti Talis dan Dewi Lestari Nur. Keduanya merupakan tenaga pengajar untuk jenjang pendidikan PAUD dan Play Ground di Al Madinah Islamic School Makassar.

"Jadi beasiswa pendidikan ini terinspirasi dari opa kami (Almarhum Brigadir Jenderal (Purn) Bachtiar). Kita memberikan beasiswa itu untuk meningkatkan mutu guru-guru kami," kata Haydar kepada Liputan6.com, Senin (13/9/2021). 

Dia menjelaskan bahwa umumnya tenaga pengajar di Al Madinah Islamic School Makassar adalah lulusan Sarjana Bahasa Inggris. Mereka pun diberikan beasiswa penyetaraan untuk menempuh pendidikan pada program studi sarjana Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"Backround guru-guru kami itu rata-rata sarjana bahasa inggris, untuk meningkatkan kualitasnya kita memberikan beasiswa untuk penyetaraan.  Secara praktikal mereka bisa tapi secara teoritikal mereka masih terbatas karena Al Madinah Islamic School saat ini hanya pendidikan ditingkat PAUD dan Play Ground. Makanya kita berikan mereka beasiswa untuk pendidikan sarjana PAUD," jelasnya.

Haydar juga memastikan bahwa pemberian beasiswa ini bukan menjadi pemberian beasiswa terakhri untuk tenaga pengajar di Al Madinah Islamic School Makassar. Selain kepada tenaga pengajar, beasiswa juga akan diberikan kepad kepada pejabat di tingkat manager dan kepala sekolah untuk menempuh pendidikan magister.

"Untuk pendidikan di tingkat Magister Insya Allah kita akan berikan ditingkat Manager atau Kepala Sekolah. Kita harap ini bukan beasiswa terakhir sih. Kita berharap ini bisa continue dan tidak hanya beasiswa pada pendidikan formal saja, tetapi diseluruh pelatihan dan sertifikasi juga untuk guru-guru kami," ucapnya.

2 dari 4 halaman

Kebahagiaan 2 Guru Berprestasi Al Madinah Islamic School Makassar

Terpisah, salah satu guru penerima beasiswa pendidikan Almarhum Brigadir Jenderal (Purn) Bachtiar, Sri Sherli Novianti Talis mengak usangat bahagia karena telah menerima beasiswa pendidikan tersebut. Ia pun mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh jajaran Yayasan AL Madinah Islamiyah Makassar.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih. Semoga dengan beasiswa ini kami bisa menerapkan ilmu yang kami dapat di kampus kita nanti dan bisa kita aplikasikan di sekolah," kata Sherli saat diwawancara terpisah.

Lalu guru berprestasi penerima beasiswa lainnya, Dewi Lestari Nur juga mengaku sangat bahagia karena telah mendapatkan beasiswa untuk untuk menempuh pendidikan yang fokus kepada pengajaran anak usia dini. Pendidikan itu pun sejalan dengan pekerjaannya saat ini, sebagai guru Play Ground dan Kinder Garden di Al Madinah Islamic School Makassar.

"Harapan kami semoga dengan ilmu yang diberikan kita bisa terus berkontribusi membuat Al Madinah Islamic School Makassar menjadi lebih baik dan melahirkan anak-anak hebat untuk Indonesia kedepannya," ucap dia.

3 dari 4 halaman

Keunggulan Al Madinah Islamic School Makassar

Sementara itu, Dewan Pembina Yayasan Al Madinah Islamiyah School Makassar, Risthana Muhammad Bachtiar atau yang lebih akrab disapa Oris Bachtiar mengaku akan terus berupaya untuk mengembangkan Al Madinah Islamic School Makassar untuk bisa menjadi salah satu sekolah islam internasional terbaik di Indonesia.

"Perkembangan kami dari hulu ke hilir cukup signifikan, ini baru tahun kedua kami, dan Insya Allah kami akan terus bergerak maju," kata Oris, Senin (13/9/2021).

Ditahun pertama, lanjutnya, jumlah siswa pada jenjang pendidikan Play Group dan Kinder Garden di Al Madinah Islamic School Makassar adalah 43 siswa, pada pada tahun kedua saat jenjang pendidikan tingkat sekolah dasar dibuka jumlah siswa pun langsung bertambah hingga 117 siswa.

"Itu menjadi bukti bahwa Al Madinah Islamic School Makassar menjadi salah satu sekolah favorit, karena pertambahan jumlah siswanya nyaris mencapai angka 150 persen," jelas dia.

Al Madinah Islamic School Makassar sendiri memberikan tiga hal yang menjadi unggulan yakni fasilitas pendidikan, program pendidikan dan SDM. Maka tidak heran jika setelah jenjang pendidikan tingkat sekolah dasar dibuka peminatnya langsung berlimpah.

"Kita mengedepankan tiga hal demi memenuhi kebutuhan pendidikan anak Al Madinah Islamic School Makassar yaitu fasilitas, program dan SDM. Nah demi peningkatan SDM jugalah makanya kita siapkan beasiswa untuk tenaga pengajar kami," jelasnya.

Terkait fasilitas, Oris menjelaskan bahwa saat ini pihaknya tengah membangun sejumlah fasilitas baru di Al Madinah Islamic School Makassar. Mulai dari tempat bermain hingga kantin dan kolam renang.

"Fasilitas itu kita bisa lihat kita siapkan dengan konsep minimalis moderen. Dan ini masih akan terus berkembang," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: