Sukses

KNPI Diminta Tak Hanya Fokus ke Politik

Peran organisasi KNPI dianggap belum terasa manfaatnya bagi masyarakat luas dan hanya menjadikan organisasi tersebut sebagai bantu loncatan menuju karir politik

Liputan6.com, Bandung - Organisasi kepemudaan dianggap menjadi salah satu wadah untuk mengembangkan pribadi yang tangguh dan kreatif hingga mampu menggali potensi di lingkungannya.

Namun, keberadaan organisasi kepemudaan seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) saat ini dinilai hanya menjadi batu loncatan untuk mencapai karir politik.

Politisi Partai Golkar Yomanius Untung mengatakan, hingga saat ini peran organisasi KNPI belum terasa manfaatnya bagi masyarakat luas. Menurut dia, orientasi politik menjadi salah satu kendala pengurus dalam meniti karir.

"Iya selama ini yang aktif di KNPI hanya mencari jabatan politik di kemudian hari tidak hanya di tingkat nasional atau provinsi. Di kota atau kabupaten juga begitu," ujar dia melalui keterangan pers yang diterima Liputan6.com, Jumat (13/8/2021).

Untung mengaku sangat menyayangkan selama ini aktivis pemuda khususnya yang aktif di kepengurusan KNPI hanya menjadikan organisasi tersebut sebagai bantu loncatan untuk menuju karir politik.

Sehingga, lanjut dia, menjadikan organisasi KNPI kurang berkembang dan banyak diminati. Menurut dia, para pengurus KNPI berkutat pada urusan politik.

"Padahal KNPI bisa melahirkan orang-orang yang tangguh di luar hanya berkutat soal politik," ujar dia.

Yomanius berpesan agar ke depan KNPI mampu melahirkan sosok-sosok organisatoris lain di luar kepentingan politik. Yomanius mengatakan, banyak sektor yang masih berpeluang untuk dikembangkan.

Seperti melahirkan kader untuk menjadi seorang pengusaha tangguh hingga mampu regenerasi petani. Untung berharap KNPI memiliki program-program yang matang agar mampu melahirkan generasi penerus di berbagai bidang.

"Harus bisa menciptakan pengusaha tangguh di 10-20 tahun kemudian. KNPI punya kesempatan untuk itu, sehingga unsur politisnya bisa lebih pudar," ujarnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemilihan Ketua

Selain itu, Untung optimis kader KNPI mampu mengembangkan potensi wisata di dalam negeri. Seperti program desa wisata yang tengah dikembangkan oleh pemerintah.

"Sehingga potensi wisata kita bisa lebih maksimal. Ayo masuk ke sana," katanya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, OKP kekaryaan mendeklarasikan dukungan kepada Ridwansyah Yusuf Achmad untuk menjadi ketua KNPI Jawa Barat.

Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Jawa Barat, Ahmad Hidayat, memastikan organisasinya solid mendukung Yusuf.

Secara keseluruhan, hingga saat ini sudah terdapat 70 OKP di Jawa Barat yang menyatakan dukungannya kepada Yusuf.

"Berarti sudah 55 persen. Kami berharap jumlah ini terus bertambah," ujarnya.

Disinggung alasan dukungan tersebut, menurutnya berdasarkan kesamaan visi, misi, dan program kerja dalam membangun pemuda di Jawa Barat.

"Dukungan ini kami berikan karena berdasarkan visi dan program kepemudaan yang diusung Yusuf. Kami sudah banyak berdiskusi, ada kesamaan visi misi untuk membangun pemuda di Jawa Barat," ujarnya.

Sebagai contoh, dia menyebut eksistensi OKP yang tergabung dalam KNPI Jawa Barat harus berdasarkan program kerja yang diusung.

"Jadi harus proporsional dalam pelibatannya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.