Sukses

Masyarakat Sumut Diimbau Semarakkan Nuansa HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Dunia Maya

Masyarakat Sumatera Utara (Sumut) diimbau menyemarakkan nuansa Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di dunia maya. Dengan begitu kemeriahan dan semangat kemerdekaan akan tetap hidup di tengah-tengah masyarakat.

Liputan6.com, Medan Masyarakat Sumatera Utara (Sumut) diimbau menyemarakkan nuansa Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di dunia maya. Dengan begitu kemeriahan dan semangat kemerdekaan akan tetap hidup di tengah-tengah masyarakat.

Seperti tahun lalu, pemerintah melarang masyarakat mengadakan kegiatan-kegiatan fisik yang mengundang massa, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19. Bahkan upacara peringatan dilakukan secara virtual.

Karena itu, untuk tetap menghidupkan semangat kemerdekaan di masyarakat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut mengimbau masyarakat untuk memeriahkan peringatan Kemerdekaan RI bisa dilakukan di dunia maya.

"Masyarakat kita sangat kreatif, ayo manfaatkan teknologi informasi untuk memperingati kemerdekaan. Karena saat ini kita dalam situasi pandemi," kata Ketua Panitia Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI Pemprov Sumut, M Fitriyus, Rabu, 11 Agustus 2021.

Fitriyus menyebut, peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI harusnya menjadi momentum bagi masyarakat untuk berjuang bersama melawan pandemi Covid-19. Dengan gerakan bersama disiplin protokol kesehatan (prokes) dia yakin pandemi akan cepat berakhir.

"Kalau pejuang kita dulu berjuang dengan darah, keringat, jiwa dan raganya, sekarang kita berjuang untuk negara ini dengan bersama-sama taat protokol kesehatan," kata Fitriyus, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sumut.

Sekretaris Dewan Harian Daerah (DHD) Kejuangan 45, Eddy Sofyan mengatakan, masyarakat bisa mengalihkan dana acara-acara perayaan untuk membantu sesama yang membutuhkan. Saat ini tidak sedikit masyarakat yang kesulitan di tengah pandemi, terutama terkait masalah ekonomi.

"Jadi, tidak lagi membuat lomba-lomba atau kegiatan lainnya yang mengundang kerumunan," kata Eddy Sofyan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upacara Fisik

Pemprov Sumut akan tetap mengadakan upacara secara fisik dalam memperingati HUT ke-76 Kemredekaan RI. Para peserta upacara akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Upacara pengibaran dan penurunan bendera akan dilakukan di Apron Charlie Lapangan Udara (Lanud) Soewondo, Medan. Peserta upacara dibatasi hanya 70 orang, dan sudah dilakukan tes Covid-19.

"Walau upacara dilakukan virtual dari Istana Negara, Pemprov Sumut tetap mengadakan upacara fisik, tetapi dengan personel dan prokes ketat," ungkap Fitriyus.

3 dari 3 halaman

Hentikan Aktivitas 

Fitriyus juga mengingatkan kepada masyarakat Sumut untuk menghentikan aktivitas selama detik-detik proklamasi dari pukul 10.17 WIB sampai 10.20 WIB. Ini untuk menunjukkan kecintaan masyarakat pada Tanah Air.

"Yang di jalan, di rumah, di manapun, hentikan aktivitas, hanya tiga menit. Untuk di jalan raya ada Polisi yang akan bertugas. Mari kita gunakan waktu tersebut untuk mengenang pengorbanan pahlawan kita dan mendoakan mereka serta negara yang kita cintai ini," Fitriyus menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.