Sukses

Warga Gunung Tua Padang Lawas Utara Rasakan Getaran Kuat Saat Gempa M 5,3

Gempa berkekuatan magnitudo 5,3 menggetarkan Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (11/8/2021) pukul 12.19 WIB. Saat gempa terjadi, warga di Gunung Tua, Ibu Kota Padang Lawas Utara, merasakan getaran kuat.

Liputan6.com, Gunung Tua Gempa berkekuatan magnitudo 5,3 menggetarkan Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (11/8/2021) pukul 12.19 WIB. Saat gempa terjadi, warga di Gunung Tua, Ibu Kota Padang Lawas Utara, merasakan getaran kuat.

Seorang warga bernama Iwan Harahap mengatakan, gempa yang terjadi menimbulkan getaran kuat. Iwan beserta keluarganya sempat merasa takut, dan lari ke luar rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Tadi kami lagi di dalam rumah, Tiba-tiba ada getaran kuat, kami takut, lalu lari keluar rumah," kata Iwan.

Warga lainnya, Ina Siregar, sempat merasa terkejut karena tiba-tiba rumahnya bergetar saat dirinya berjalan ke kamar mandi hendak mengambil wudhu untuk Salat Zuhur. Saat itu perabotan di rumahnya juga tutur bergetar.

"Memang tidak sampai berjatuhan ke lantai. Saya baru sadar bahwa getaran itu gempa, saya bangunkan suami, kami lari keluar rumah," ungkapnya.

Hasil info pendahuluan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempabumi ini berkekuatan M5,3 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M5,2.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Laporan BMKG 

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,41° LU; 99,41° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16 km arah Timur Kota Padangsidempuan, Sumut pada kedalaman 15 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Sumatera Segmen Toru.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempabumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar," kata Bambang.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Aek Godang, Padang Lawas Utara, Batang Toru, dan Padang Sidempuhan V MMI. Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun.

3 dari 4 halaman

Tidak Berpotensi Tsunami

Gempabumi ini berpotensi dirasakan di daerah Padang Lawas dan Tapanuli Tengah III MMI, yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ucap Bambang.

Hingga pukul 13:00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya gempabumi susulan pada pukul 12:31 WIB dengan magnitudo 3,1, dan gempa pendahuluan pada pukul 12:16 WIB dengan magnitudo 3,4.

4 dari 4 halaman

Masyarakat Diimbau Tetap Tenang

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yangg membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah," imbau Bambang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.