Sukses

Belasan Rumah Warga di Langkat Sumut Rusak Diterjang Angin Kencang

Hujan deras disertai petir dan angin kencang melanda Desa Sido Mulyo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut). Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa, 10 Agustus 2021, pukul 18.00 WIB.

Liputan6.com, Langkat Hujan deras disertai petir dan angin kencang melanda Desa Sido Mulyo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut). Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa, 10 Agustus 2021, pukul 18.00 WIB.

Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops BNPB) melaporkan, hujan deras disertai angin kencang memicu tumbangnya pepohonan dan terlepasnya atap-atap rumah milik warga.

Sebanyak 19 unit rumah warga terdampak kejadian tersebut. Rinciannya 14 unit rumah rusak berat dan 5 unit lainnya rusak ringan. Sejumlah rumah warga yang rusak ini tersebar di 4 dusun Desa Sido Mulyo, yaitu Dusun 3, 4, 5, dan 7.

Dari total rumah rusak tersebut, 4 unit rumah rusak berat berada di Dusun 3, 2 unit lainnya rusak berat berada di Dusun 4. Pada Dusun 5, sebanyak 8 unit rumah warga mengalami rusak berat, sedangkan 3 lainnya rusak ringan. Di Dusun 7, ada 2 unit rumah warga rusak ringan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat, Iriadi menjelaskan, sampai saat ini pihaknya masih mempersiapkan bantuan stimulan berupa bahan bangunan, seperti seng, sesuai dengan hasil kaji cepat di lokasi kejadian.

"Kami masih dalam tahap mempersiapkan bantuan stimulan bangunan berupa seng bagi para warga terdampak, sesuai dengan hasil kaji cepat tim di lapangan," kata Iriadi, Rabu (11/8/2021).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantuan untuk Warga

Pihak BPBD Langkat juga membantu paket sandang dan pangan kepada warga terdampak angin kencang ini. Iriadi mengungkapkan, para warga yang rumahnya terdampak angin kencang telah melakukan evakuasi mandiri ke rumah saudara atau tetangga terdekat.

Pascaperistiwa tersebut, BPBD dan warga sekitar melakukan pembersihan material rumah rusak dan berkoordinasi dengan pemerintah setempat terkait bantuan logistik tambahan kepada warga terdampak.

Berdasarkan prakiraan cuaca 3 hari ke depan yang dikeluarkan BMKG, Provinsi Sumut didominasi dengan cuaca cerah berawan, hujan ringan dan hujan lebat. Kajian inaRISK menunjukan Kabupaten Langkat memiliki potensi bahaya cuaca ekstrem pada tingkat sedang sampai tinggi.

3 dari 3 halaman

Imbauan BNPB

Merespons hal tersebut, BNPB mengimbau masyarakat untuk memantau prakiraan cuaca secara berkala melalui laman BMKG dan potensi bahaya cuaca ekstrem pada aplikasi inaRISK.

Masyarakat juga dapat melakukan langkah pencegahan dengan memangkas ranting pohon yang mudah patah serta melakukan pemeriksaan kondisi rumah secara berkala untuk mengantisipasi adanya kerusakan akibat bencana hidrometeorologi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.