Sukses

Putus Asa Cari Donor Plasma Konvalesen, Warga Brebes Mention Gus Yasin di Medsos

Liputan6.com, Semarang - Seorang warga Brebes nekat menghubungi Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, lewat media sosial (medsos) saking putus asanya mencari donor plasma konvalesen untuk keluarganya yang terpapar Covid-19.

Dia nekat mengadu karena sudah tak tahu lagi mencari plasma konvalesen di tengah tingginya permintaan plasma konvalesen oleh pasien Covid-19. Jumlah stok tidak sebanding dengan ketersediaan plasma dari penyintas.

Akun dengan nama pengguna @fatunahs1 menyampaikan keluhan terkait ketersediaan plasma konvalesen dengan mengomentari postingan akun Taj Yasin atau Gus Yasin, terkait kebutuhan plasma konvalesen untuk saudara iparnya.

"Pak, kakak ipar saya saat ini sedang butuh donor plasma konvalesen O, yang ke 3 dan ke 4. Saat ini di rawat di RSUD Brebes, apakah ada yang bisa membantu," begitu komentar yang dikirim pada postingan Taj Yasin tentang sosialisasi Gedor Lakon.

Merespons komentar warganet, Taj Yasin atau Gus Yasin langsung membalas dengan meneruskan pesan kepada PMI Jateng dan PMI Brebes agar warganya bisa segera tertangani.

"Mohon dibantu cc: @pmijateng, @pmibrebes," balasan Gus Yasin dalam akunya @tajyasinmz.

Kurang dari waktu satu jam, komentar Gus Yasin, langsung mendapat respons dari akun @pmibrebes.

"@tajyasinmz Mohon ijin melaporkan bapak, Alhamdulillah malam ini pasien sudah mendapatkan 1 pendonor, yang siap ditransfusikan dan 1 pendonor untuk cadangan," begitu, tulis akun PMI Brebes.

"Sebagai antisipasi kebutuhan konvalesen, dan pengondisian konvalesen," tambah PMI Brebes."Kami beserta tim terus berupaya untuk mengkondisikan pendonor konvalesen saat sewaktu-waktu pasien membutuhkan," tambah PMI Brebes, dalam akun resminya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Gemilang

Selain memberikan laporan kepada Wagub, PMI Brebes juga memberikan respons kepada peminta pendonor plasma konvalesen terkait adanya penyintas yang siap menyumbangkan darah.

"@fatunahs1 Alhamdulillah ibu, kami sudah berkoordinasi dengan pihak keluarga, malam ini 1 pendonor siap ditransfusikan dan 1 pendonor sebagai cadangan," komen PMI Brebes.

"Kami terus berupaya tetap mencarikan pendonor konvalesen dalam pemenuhan kebutuhan donor konvalesen bagi masyarakat, sehat selalu ibu," tambah PMI Brebes, dalam akunya.

"Salam untuk keluarga di rumah. Semoga pasien kembali pulih dan keluarga tetap diberikan semangat. Amin," balas komentar PMI Brebes kepada warga yang butuh pendonor.

Mendapat respons PMI Brebes, warganet setelah mendapat pendonor plasma konvalesen dengan lebih cepat berterima kasih kepada PMI Brebes.

"Terima kasih banyak atas respons yang langsung diberikan kepada kakak kami," tulis komentar itu.