Sukses

Rumah Sakit di Padang Kehabisan Stok Oksigen, Wagub Sumbar Upayakan Pasokan dari Riau

Pemprov Sumbar mulai kesulitan mendapat bahan baku pembuatan oksigen untuk pasien Covid-19.

Liputan6.com, Padang - Meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Sumatera Barat mengakibatkan rumah sakit yang menangani pasien positif mulai kehabisan stok oksigen.

Sejumlah rumah sakit yang mulai kehabisan stok tersebut yakni, RS Unand Padang, RS Ahmad Muchtar Bukittinggi, dan RS Hermina Padang.

Direktur RS Unand, Yevri Zulfiqar mengatakan stok oksigen di rumah sakit yang dipimpinnya hanya cukup hingga Kamis (22/7/2021) sore.

"Perusahaan yang biasanya memasok oksigen ke RS Unand kewalahan karena sulitnya mendapat stok liquid sebagai bahan baku pembuatan oksigen," katanya, Kamis (22/7/2021).

Pihaknya juga meminta kepolisian agar melakukan intervensi terhadap ketersediaan oksigen di RS rujukan Covid-19.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengatakan habisnya stok oksigen ini diakibatkan sulitnya mendapatkan bahan baku liquid untuk memproduksi oksigen.

"Stok liquid dari Jakarta dibatasi atau dipotong 50 persen untuk Sumatera karena di sana juga sedang kesulitan pasokan oksigen," kata Audy kepada Liputan6.com.

Pemerintah provinsi saat ini, sedang berkoordinasi dengan perusahaan kertas yang ada di Riau untuk membantu pasokan liquid atau oksigen untuk Sumbar melalui CSR-nya.

Wagub menyebut, Kota Padang memiliki sekitar enam pabrik oksigen, tetapi pabrik-pabrik ini tak bisa beroperasi jika ada kendala bahan baku utama yakni liquid.

"Kita upayakan dari Riau, dari Jakarta juga meski ada pemotongan," ujarnya.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkembangan Covid-19 di Sumbar

Kasus Covid-19 di Sumbar mulai merebak pada akhir Maret 2020, puluhan ribu kasus positif sudah tercatat hingga saat ini.

Data pada Rabu, 21 Juli 2021 jumlah kasus positif Covid-19 mencapai 63.153 kasus, dengan kasus aktif 9.279 atau 14,69 persen.

Juru bicara Satgas Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal mengatakan dari total kasus positif itu, 52.513 orang sudah dinyatakan sembuh.

"Total positivity rate mencapai 11,30 persen," sebutnya.

Sedangkan, jumlah pasien meninggal kini sebanyak 1.361 orang. Ia mengimbau masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.