Sukses

Pernyataan dr Lois Owien yang Tak Percaya Covid-19 Bikin Nakes di Blora Ketar-Ketir

Pernyataan dr Lois Owien yang tak percaya dengan Virus Covid-19 membuat heboh jagat maya. Sehingga, juga membuat kekhawatiran kalangan tenaga kesehatan di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Blora - Pernyataan dr Lois Owien yang tidak percaya dengan Virus Covid-19 membuat heboh jagat maya. Pernyataan ini juga membuat khawatir kalangan tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Blora dan sekitarnya.

"Ini menyesatkan...lho...😭😭," pesan singkat itu dikirim Ketua Korwil Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Eks Karesidenan Pati, Edi Widayat kepada Liputan6.com, Minggu (11/7/2021).

Pernyataan dr Lois Owien menyebar di media sosial. Termasuk di Kabupaten Blora. Bentuk postingan akun media sosial dokter tersebut maupun kanal-kanal Youtube banyak yang menyebar pernyataannya.

Edi mewakili para perawat Jepara, Kudus, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan, menunjukkan rasa khawatir adanya kejadian ini akan melemahkan kepercayaan publik kepada nakes. Sebab, dr Lois Owien juga membahas persoalan beragam tentang kesehatan. Termasuk tentang obat Covid-19.

Menurutnya, adanya kejadian ini perlu juga ada pihak dokter minimal yang menangani atau spesialis penyakit dalam turut menanggapi persoalan.

"Kalau kaitan obat, (tanggapan, red) ke dokter spesialis saja. Minimal dokter spesialis penyakit dalam," ungkap Edi, yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekomendasi WHO

Dihubungi Liputan6.com, dr Pandu Herpri Sansongko selaku dokter spesialis penyakit dalam menyampaikan, bahwa mengenai obat yang diberikan untuk pasien Covid-19 sudah melalui penelitian.

"Selama ini sudah diteliti dan direkomendasikan oleh WHO (World Health Organization)," ujar dr Pandu, sapaannya.

Setelah melihat dan menonton sendiri tayangan salah satu video yang menyiarkan dr Lois Owien yang beredar berantai di WhatsApp masyarakat Blora, dr Pandu selanjutnya turut memberikan tanggapannya.

"Komentar dokter dalam Channel YouTube tersebut hanya pendapat pribadi yang belum jelas dan perlu diteliti kebenarannya," kata dokter yang bertugas di RSUD dr R Soeprapto Cepu itu.

Diketahui banyak daerah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Blora dan sekitarnya, para nakes terus berjibaku menangani Covid-19 yang telah menjadi pagebluk ini. Tidak sedikit dari mereka pada bertumbangan bahkan meninggal dunia.

Nakes tidak bosan-bosannya juga terus mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan. Semata-mata agar masyarakat tidak turut terpapar dan pagebluk segera berakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.