Sukses

Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Sulut Terasa hingga Gorontalo

Gempa berkekuatan magnitudo 5,9 menguncang wilayah Kotamobagu, Bolaang Mongondow Timur, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Liputan6.com, Gorontalo - Gempa berkekuatan magnitudo 5,9 menguncang wilayah Kotamobagu, Bolaang Mongondow Timur, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (9/7/2021). Guncangan gempa ini terasa hingga sebagian besar wilayah Provinsi Gorontalo.

Di antaranya, Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Gorontalo, Kota Gorontalo hingga Kabupaten Bone Bolango. Bahkan, guncangan gempa ini membuat warga panik.

"Memang terasa getarannya, namun hanya sebentar. Tetapi suara gemuruh akibat gempa tersebut cukup terdengar kuat," kata Riska Warga Kabupaten Bone Bolango.

Menurutnya, kala itu, ia tengah berbaring untuk dan siap untuk beristirahat malam. Tiba-tiba, ia mendengar suara orang tuanya berteriak gempa, seketika ia langsung keluar kamar dan menuju depan rumah.

"Saya kala itu berbaring sambil main handphone, tiba-tiba ibu saya mengatakan gempa saya pun panik dan keluar," ujarnya.

Seperti dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisifika (BMKG) lewat laman resminya, gempa terjadi pada pukul 20:31:11 WIB.

Lokasi gempa berada di 0.01 Lintang Selatan (LS), 123.72 Bujur Timur (BT) atau 52 km Barat Daya Bolaang Uki, Bolaang Mongondow Selatan, Sulut. Gempa terjadi pada kedalaman 106 kilometer.

Tak ada peringatan tsunami terkait gempa bumi tersebut. Begitu pula korban jiwa dan kerusakan bangunan yang ditimbulkan akibat gempa ini.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.