Sukses

5 Fakta Menarik Tukang Cukur Rambut Legendaris di Pinggir Alun-Alun Utara Yogyakarta

Liputan6.com, Yogyakarta - Jika berwisata ke kota Yogyakarta, hal unik tampak di pinggir Alun-Alun Utara Yogyakarta. Terlihat seorang tukang cukur dengan rambut yang mulai memutih dan berkulit sawo matang sedang duduk di atas kursi plastik. Aminudin (53), tukang cukur tradisional yang menjual jasanya di Yogyakarta mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Amin, sapaan akrabnya, kadang terlihat sedang merapikan rambut pelanggannya, diselingi tawa. Ia sering dijuluki tukang cukur rambut legendaris.

Berikut fakta mengenai Amin tukang cukur legendaris di Yogyakarta yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Sudah Mencukur Rambut Selama 19 Tahun

Amin mulai usahanya sejak tahun 2002. Ia masih terus bertahan melayani pelanggannya selama 19 tahun sebagai tukang cukur jalanan untuk menghidupi keluarganya.

Bapak dua anak ini hampir selalu terlihat bersemangat melayani pelanggannya, mungkin itulah yang meyebabkan pelanggannya betah dan selalu kembali memakai jasanya. 

2. Tak Mematok Harga Mahal

Amin tak mematok harga mahal untuk jasanya, ia memasang tarif Rp8.000 untuk anak-anak dan Rp10.000 untuk orang dewasa. Bahkan, tak jarang ia berikan jasanya secara cuma-cuma kepada orang yang membutuhkan.

3. Tukang Cukur Sorngin

Sorngin ngisor beringin atau di bawah beringin, sebutan pelanggannya yang datang, karena Amin menggelar lapaknya di bawah pohon beringin. Saat gerimis datang, ia memilih untuk membereskan peralatannya kemudian berteduh di teras gedung sekitar lokasi lapaknya.

Meski pelanggangnya tak ramai, namun setiap hari selalu ada pelanggan yang menyambangi tukang cukur di pinggir Alun-Alun Utara Yogyakarta itu untuk dirapikan rambutnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Belajar Autodidak

4. Belajar Mencukur Autodidak

Untuk mencukur rambut, Amin sama sekali tak memiliki modal keahlian. Dia hanya belajar secara autodidak. Meski ia tak kursus mencukur rambut, tetapi keahliannya dalam mencukur tak dapat diragukan. Ketika memotong rambut, ia selalu menyesuaikan permintaan dari pelanggannya.

5. Punya Pelanggan Bule Sampai Masuk Youtube

Amin menjadi langganan para turis asal Amerika Serikat. Videonya saat memangkas rambut orang Amerika tersebut juga beredar di Youtube. Bahkan, sampai saat ini, ia mengaku masih berhubungan baik dengan pria asal Amerika tersebut. Bule itu kerap kali datang ke tempat cukurnya apabila sedang berwisata ke Yogyakarta.

Penulis: Tifani