Sukses

Waspada, Kasus Baru Positif Covid-19 di Sulut Meningkat

Selanjutnya untuk pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19 di Sulut tidak mengalami penambahan, jumlah akumulasinya sebanyak 550 orang.

Liputan6.com, Manado - Warga Sulut diminta untuk tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19. Sebagaimana disampaikan jubir Satgas Covid-19 dr Steaven Dandel, dalam 2 hari terakhir terjadi peningkatan kasus baru yang cukup signifikan.

"Untuk hari ini ada penambahan 19 kasus baru positif di Sulut, sedangkan sehari sebelumnya ada 21 kasus baru," ungkap Dandel, Selasa (15/6/2021).

Dandel mengatakan, sejak pekan lalu berdasarkan hasil penelusuran tim surveilans memang sudah menunjukkan potensi penambahan kasus baru. Oleh karena itu, pihaknya telah mengirimkan peringatan ke kabupaten dan kota untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Sudah kami ingatkan sejak pekan lalu, bahwa akan ada peningkatan kasus baru," ujarnya.

Meski penambahan jumlah kasus baru ini masih lebih kecil dibanding pada periode Februari lalu yang bisa mencapai lebih dari 100 kasus per hari, tetapi warga tetap diminta harus mewaspadainya. Menerapkan protokol kesehatan secara ketat menjadi salah satu kunci pencegahan.

"Jangan melonggarkan protokol kesehatan, ini langkah mencegah penyebaran," katanya.

Dengan bertambahnya 19 kasus baru itu, maka jumlah akumulasi kasus positif Covid-19 di Sulut mencapai 15.883 kasus. Diketahui, 19 kasus baru itu berasal dari Manado (10), Minahasa (6), Minahasa Utara (1), dan 2 kasus dari Kotamobagu.

"Sedangkan untuk pasien sembuh bertambah 6 orang, yang berasal dari Sangihe 1 kasus, Bolmong Utara 2 kasus, dan 3 kasus dari Kotamobagu," ungkap Dandel.

Dengan penambahan 6 pasien sembuh itu, maka jumlah akumulasinya menjadi 15.060 kasus, dengan angka kesembuhan Covid-19 di Sulut per 15 Juni 2021 adalah 94,81 persen,” ujarnya.

Selanjutnya, untuk pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19 di Sulut tidak mengalami penambahan, jumlah akumulasinya sebanyak 550 orang. Angka kematian atau case fatality rate sebesar 3,46.

"Sedangkan kasus aktif Covid-19 di Sulut sebanyak 273 orang, atau sebesar 1,73 persen," ujar Dandel.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.