Sukses

Asisten Mahout di Aceh Luka Tertusuk Gading Usai Diseruduk Gajah Liar

Liputan6.com, Aceh - Seekor gajah liar dilaporkan menyerang seorang pemuda yang bekerja sebagai asisten mahout alias serati (pengendali gajah) di Conservation Respon Unit (CRU) Cot Girek, Aceh Utara, Selasa (15/6/2021). Pemuda tersebut juga dilaporkan terluka yang menyebabkannya harus dirawat di rumah sakit.

Sebelum kejadian, pemuda bernama Rizki (21) itu hendak memindahkan gajah jinak. Ketika sedang melepas rantai gajah, tiba-tiba seekor gajah liar menyeruduknya dari belakang.

Pemuda itu terjatuh akibat serangan tersebut. Dia berusaha melarikan diri sambil berteriak meminta tolong hingga salah satu pekerja di CRU tersebut mendengar teriakannya.

"Korban diselamatkan oleh rekannya sambil berteriak meminta gajah liar tersebut pergi meninggalkan mereka. Pada saat itulah gajah liar itu pergi meninggalkan korban bersama seorang rekannya," terang Kapolsek Cot Girek Ipda Suherman dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Selasa sore (15/6/2021).

Pemuda tersebut segera dilarikan ke RS Klinik Cut Meutia PTPN 1 Cot Girek untuk mendapatkan pertolongan. Karena serangan tersebut, dia dilaporkan mengalami luka akibat tertusuk gading gajah di bagian lengan kanan.

"Dengan kedalaman diperkirakan 10 sentimeter dan lebar 5 sentimeter. Luka lecet di bagian kaki, dan mengalami sesak," jelas Suherman.

Tentunya tidak ada keterangan mengenai apa penyebab hewan itu menyerang pemuda tersebut. Gajah sendiri merupakan hewan yang dilindungi oleh undang-undang karena terancam punah akibat masifnya perburuan terhadap gading mamalia besar tersebut.

2 dari 2 halaman

Simak video pilihan berikut ini: