Sukses

Getaran Gempa Bolaang Mongondow Selatan Magnitudo 5,7 Terasa hingga Gorontalo

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,7 mengguncang Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (11/6/2020).

Liputan6.com, Gorontalo - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,7 mengguncang Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (11/6/2020). Selain sempat membuat panik warga Bolsel, getaran gempa tersebut, juga terasa hingga Provinsi Gorontalo.

Salah satu warga Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Mohammad Didipu mengaku, kaget dengan gempa tersebut. Wilayah yang sangat dekat dengan Sulut membuat gempa itu cukup terasa.

"Getaran cukup terasa. Saya mengira titik gempa terjadi di Gorontalo, ternyata di Sulut,"  kata Mohammad.

Selain itu, kata Mohammad, kala itu ia tengah bersiap-siap berangkat kerja, tiba-tiba bunyi gemuruh terdengar dari atap rumahnya. Ia pun sempat tak menghiraukan hal itu, sebab ia mengira itu hanyalah angin yang menerpa atap rumah.

"Saya kira hanya angin biasa, tidak tahunya semuanya bergetar," ujarnya.

Sebelumnya, menurut informasi dari akun Twitter resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), @infoBMKG, gempa terjadi sekitar pukul 09:23 Wita. Pusat gempa berada di 14 km barat daya Bolsel, Sulut.

Gempa berada di kedalaman 66 km. Titik koordinat gempa berada di 0.06 Lintang Utara dan 124.40 Bujur Timur, tidak berpotensi tsunami. Hingga kini, belum diketahui dampak kerusakan akibat gempa tersebut.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.