Sukses

Rekaman CCTV Menguak Kasus Pencurian Kotak Infaq oleh 2 Bocah Ingusan

Para pengurus masjid kemudian mengecek rekaman CCTV. Pengurus menemukan rekaman 2 orang yang diduga menjadi pelaku pembobolan kotak infaq tersebut

Liputan6.com, Gunungkidul - Seorang remaja, MN (16) warga Kapanewon Playen sempat diamankan oleh aparat kepolisian. Bocah yang masih berstatus pelajar ini diketahui melakukan aksi pencurian kota infaq di sebuah masjid yang berada di wilayah Kapanewon Playen. Saat ini, anggota Unit Reskrim Polsek Playen tengah mendalami tindak pidana yang dilakukan oleh MN.

Kanit Reskrim Polsek Playen, Iptu Larso mengatakan, anggota Polsek Playen mendapatkan laporan pencurian dua kotak infaq di Masjid Nurul Hadi, Padukuhan Logandeng, Kalurahan Logandeng, Kapanewon Playen pada Minggu malam (23/05/2021)silam.

Saat itu, gembok kotak infaq ditemukan dalam kondisi rusak dan uang yang berada di dalamnya sudah raib. Salah seorang marbot melaporkan kejadian tersebut ke pengurus masjid.

Untuk mengetahui apa yang terjadi, para pengurus masjid kemudian mengecek rekaman CCTV. Pengurus menemukan rekaman 2 orang yang diduga menjadi pelaku pembobolan kotak infaq tersebut.

Sekitar pukul 01.00 WIB dini hari, terekam adanya dua orang yang masuk ke pekarangan masjid dengan cara memanjat pagar sekitarnya.

Berdasarkan ciri-ciri dua orang terduga pelaku pencurian kotak infaq itu, diperoleh petunjuk yang kemudian mengarah pada MN. Warga kemudian menghubungi Bhabinkamtibmas setempat dan berusaha mencari pelaku pencurian tersebut.

“Ada informasi yang masuk bahwa terduga pelaku sedang berada di Pasar Argowijil Gari. Sejumlah warga kemudian menuju lokasi kejadian untuk menjemput MN,” papar Iptu Larso saat dikonfirmasi, Sabtu (06/05/2021).

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Curian Kotak Infak untuk Beli Rokok

 

Saat dimintai keterangan oleh warga, meski sempat berkelit, MN akhirnya tak lagi bisa mengelak ketika disodori rekaman CCTV. Ia pun akhirnya mengakui perbuatannya.

Sejumlah warga sempat emosi akibat pengakuan itu. Namun situasi panas berhasil diredam oleh para tokoh masyarakat. Guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, remaja ini akhirnya dievakuasi ke Polsek Playen.

Menurut Larso, atas berbagai pertimbangan, salah satunya lantaran pelaku yang masih di bawah umur, tidak dilakukan penahanan kepada MN.

“Dari kami menyerahkan ke orangtuanya kembali, dan akan kami lakukan pemeriksaan di tingkat sidik besok Senin. Setelah kami koordinasi dengan pihak Bapas, PH, dan Peksos serta orangtua pelaku,” ucap dia.

Berkaitan dengan tindak pencurian di Logandeng tersebut kerugian diperkirakan mencapai 750 ribu rupiah. Kemudian setelah dikembangkan, sementara muncul TKP lain yaitu 2 kali di Masjid Bandung Playen dan Masjid Baiturohim Plembon.

“Uang hasil curian tersebut digunakan pelaku untuk membeli makan, rokok dan lainnya,” Larso mengungkapkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.