Sukses

Tarekat Naqsabandiyah Sumut Tetapkan Hari Raya Idul Fitri Jatuh pada Rabu 12 Mei 2021

Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara (Sumut) menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah pada Rabu, 12 Mei 2021. Hal ini disampaikan seorang jemaah, Syekh Muda Markum.

Liputan6.com, Medan Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara (Sumut) menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah pada Rabu, 12 Mei 2021. Hal ini disampaikan seorang jemaah, Syekh Muda Markum.

Disebutkan Markum, dasar perhitungan terkait ibadah, khususnya puasa Ramadan melalui Hisab Qomariyah yang dilakukan Dewan Fatwa Tareqat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah di pondok pesantren atau Rumah Ibadah Suluk Bandar Tinggi, Simalungun.

"Tuan Guru Syekh Muhammad Nur Ali selaku Mursyid Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah Bandar Tinggi telah menyampaikan kepada kita semua, selaku muridnya, bahwa satu Syawal 1442 Hijriah, Hari Raya Idul Fitri, jatuh pada hari Rabu 12, Mei 2021. Terkait dengan perbedaan itu rahmat dan wajar," kata Markum, Selasa (11/5/2021).

Dijelaskannya, untuk pelaksanaan Salat Idul Fitri akan dilaksanakan di Rumah Ibadah Suluk Bandar Tinggi. Untuk di Marindal, Simpang Kongsi, Deli Serdang, Markum mengaku belum mengetahui apakah ada pelaksanaan Salat Idul Fitri atau tidak.

"Tapi, di Bandar Tinggi sudah pasti dilaksanakan. Perkiraan di sana 1500-an jemaah," jelasnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Ada Takbir Keliling

Diungkapkan Markum, pihak Tareqat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah memastikan tidak ada melakukan takbiran keliling. Sebab, Hari Raya Idul Fitri kali ini masih berada pada situasi pandemi virus corona Covid-19. Pihaknya selalu mengimbau jemaah dan masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan.

"Semuanya demi kebaikan bersama, sembari kita bermohon kepada Allah SWT, agar musibah ini cepat berlalu," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Awal Ramadan 12 April 2021

Sebelumnya pada Senin, 12 Apri 2021, jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah di Sumut menetapkan sebagai awal bulan suci Ramadan 1442 Hijriah.

Selama menjalankan ibadah puasa Ramadan, seperti Salat Tarawih, para jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah tetap mengikuti aturan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Seperti memakai masker, menjaga jarak, dan lainnya. Kita tetap ikuti protokol kesehatan secara disiplin dalam setiap kegiatan ibadah," Syekh Muda Markum menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.