Sukses

Diskusi Jurnalistik Caraka Muda Nusantara Bersama Liputan6.com

Caraka Muda Nusantara menggandeng Liputan6.com menggelar webinar jurnalistik. Pesertanya mahasiswa Indonesia di berbagai negara. 

Liputan6.com, Jakarta - Caraka Muda Nusantara, organisasi mahasiswa diaspora Indonesia di Turki, menggelar webinar tentang jurnalistik pada Minggu 9 Mei 2021. Peserta kelas virtual ini bukan hanya mahasiswa Indonesia di Turki, namun juga mahasiswa Indonesia di negara lain seperti Mesir, Taiwan, dan juga dari berbagai daerah di Indonesia.

Narasumber webinar, Redaktur Pelaksana Liputan6.com Harun Mahbub Billah, memberikan tips dan trik untuk menulis, serta menjelaskan tentang apa saja yang penting untuk diperhatikan dalam menulis berita. Selain itu juga menjelaskan seputar tren media terkini.

Salah satu penjelasannya adalah rumus 25x4 untuk menulis karya jurnalistik. “Proses menulis adalah rangkaian dari berbagai proses. Ada empat tahap yang bobotnya masing-masing 25 persen,” tuturnya.

Empat tahapan itu adalah menetapkan angle tulisan, menyusun outline (kerangka), proses menulis atau memasukkan bahan, dan terakhir proses pengeditan. Setelah semuanya rampung, langkah terakhir adalah menentukan judul.

"Judul pikir belakangan saja, yang penting ikuti tahapan menulis, niscaya nanti dapat judul yang memikat," katanya.

Harun juga sedikit menyinggung fenomena perubahan tren media yang sangat signifikan.

“Saya pertama kali masuk ke dunia media itu tahun 2005. Pada saat itu media mainstream adalah pusat penyerapan dan penyebaran informasi, entah itu cetak, televisi atau radio. Sekarang muncul media baru namanya media sosial yang mengubah arus informasi,” kata Harun.

Mulai sekitar 2010, kata dia, bermunculanlah platform media sosial baru seperti Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Dari situ muncullah istilah 'Homeless Media'.

Ketua Umum Caraka Muda Nusantara, Adhe Nuansa Wibisono, mengatakan webinar ini merupakan salah satu program sesuai visi dan misi lembaganya. Caraka Muda Nusantara, dia menjelaskan, adalah organisasi diaspora Indonesia di Turki yang fokus memperkuat jejaring ke-Indonesiaan sekaligus peningkatan kompetensi.

"Kemampuan menulis menjadi penting dewasa ini di mana semua orang punya peluang besar untuk menyampaikan informasi dan gagasannya. Kehormatan bisa menggandeng Liputan6.com sebagai salah satu media papan atas di Tanah Air dalam pelatihan ini," katanya.

Bayu Adji Nugraha, mahasiswa Bursa Uludag Universitesi Turkey

Saksikan Video Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.