Sukses

Pertamina Pastikan BBM dan LPG di Sumbagut Aman Saat Idul Fitri 1442 Hijriah

PT Pertamina Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) membentuk tim Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (Satgas Rafi). Dibentuknya Satgas Rafi untuk memastikan kelancaran distribusi energi.

Liputan6.com, Medan PT Pertamina Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) membentuk tim Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (Satgas Rafi). Dibentuknya Satgas Rafi untuk memastikan kelancaran distribusi energi.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Regional Sumbagut, Taufikurachman mengatakan, Tim Satgas Rafi bertugas mulai tanggal 26 April sampai dengan 31 Mei 2021.

"Kita telah membentuk Tim Satgas Rafi untuk mengendalikan dan memantau kelancaran penyaluran BBM dan LPG di Sumbagut. Ketersediaan BBM dan LPG dipastikan dalam kondisi aman," kata Taufikurachman, Minggu (9/5/2021).

Dijelaskannya, upaya Pertamina dalam pengamanan pasokan BBM dan LPG adalah peningkatan stok, penambahan mobil tangki dan SPBU Kantong, serta menyediakan layanan khusus di lokasi yang tidak ada fasilitas pelayanan BBM melalui BBM Kemasan di SPBU.

Beberapa penambahan SPBU Kantong di titik padat wisata yakni SPBU 14.245.499 Kabupaten Aceh Tengah, Naggroe Aceh Darussalam, SPBU 14.211.214 Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), SPBU 14.221.286 Kabupaten Karo, Sumut, SPBU 14.284.657 Kabupaten Kampar, Riau, SPBU 14.261.580 Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) dan SPBU 13.262.511 Kabupaten Lima Puluh Koto, Sumbar.

Pertamina juga senantiasa memastikan stok BBM di SPBU dalam kondisi aman melalui monitoring dashboard digitalisasi SPBU setiap pagi dan sore hari, serta mempersiapkan loading order kredit bagi SPBU selama periode Satgas Rafi. Sehingga stok BBM di SPBU selalu tersedia.

"Pertamina mempersiapkan ketahanan stok BBM selama 17 hari, LPG 22 hari, dan avtur 83 hari. Kita juga berkoordinasi dengan Hiswana Migas, Pemerintah Daerah, aparat keamanan, dan instansi terkait lainnya agar Satgas Rafi berjalan dengan aman dan lancar," jelasnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konsumsi BBM di Sumbagut

Taufikurachman menuturkan, rata-rata konsumsi BBM jenis gasoline (Premium, Pertalite dan Pertamax Series) Rafi 2020 mencapai 13.929 kiloliter (kl) per hari, sedangkan konsumsi gasoil (Dex, Dexlite, Biosolar) mencapai 6.560 kl per hari. Sementara rata-rata konsumsi harian normal setelah pandemi untuk gasoline sebanyak 12.584 kl, dan gasoil sejumlah 7.424 kl di Sumbagut.

Diprediksi konsumsi gasoline selama Ramadan dan Idul Fitri 2021 lebih kurang sejumlah 13.668 kl per hari dan konsumsi gasoil sebanyak 6.467 kl per hari, terutama H-5 sampai dengan H+5 Lebaran.

"Pada tahun ini perkiraan pertumbuhan gasoline saat Ramadan dan Idul Fitri lebih kurang 8,6 persen, sedangkan konsumsi gasoil turun 12 persen," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Konsumsi LPG

Selain BBM, konsumsi LPG akan mengalami kenaikan pada Ramadan 2021 dengan estimasi angka mencapai 2.860 Metrik Ton (MT) atau naik enam persen dari konsumsi rata-rata harian.

Pada kesempatan ini, Taufikurachman juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1442 Hijriah bagi masyarakat yang menjalankannya di Sumbagut.

"Selamat menunaikan ibadah puasa di Bulan Ramadan. Kami segenap jajaran juga menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.