Sukses

Kapolri Peringatkan Serbuan Pemudik Hari Terakhir Ramadan

Liputan6.com, Cilegon - Idul Fitri tinggal tiga hari lagi. Masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik diprediksi masih tinggi. Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta anggotanya tidak lengah dan tetap berjaga hingga hari terakhir ramadan.

Pengetatan penjagaan arus mudik harus dilakukan, agar tidak ada pemudik yang lolos dari penyekatan jelang libur Idul Fitri 2021. Terutama saat malam hari di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

"Saya memang tahu di wilayah Banten untuk arus yang melakukan kegiatan mudik di tahun sebelumnya, kecenderungannya akan semakin ramai saat akan menjelang malam dan menjelang pagi. Ini tentunya rekan-rekan harus hadapi dalam beberapa hari terakhir," kata Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di Dermaga Eksekutif Merak, Minggu (09/05/2021).

Saat libur Idul Fitri, lokasi wisata yang masuk ke dalam zona merah harus ditutup. Sedangkan objek wisata yang buka, harus didirikan posko untuk mengingatkan masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Petugas Penyekatan Harus Sehat

Pembagian masker ke wisatawan hingga pengecekkan kesehatan wajib dilakukan, untuk memastikan masyarakat yang berlibur dalam kondisi sehat.

"Kemudian lakukan kegiatan kengecekkan secara random, suhunya di periksa, sehingga kita yakin pengunjung yang masuk kondisinya aman," dia menerangkan.

Petugas jaga dan penyekatan di setiap cek poin hingga destinasi wisata juga harus dalam kondisi sehat dan menerapkan prokes ketat, agar tidak terpapar corona.

Penyekatanarus mudik dan pengetatan di objek wisata diharapkan bisa mencegah penyebaran virus covid-19 di Indonesia, yang sudah mulai bisa dikendalikan.

"Rekan-rekan juga harus dalam kondisi sehat, lakukan swab antigen, saat akan dinas atau turun dinas melaksanakan. Sehingga kita yakin aman dan keluarga selamat," jelasnya. 

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: