Sukses

Dubes Ceko Kagumi Keindahan Pariwisata Sumut, Khususnya Danau Toba

Duta Besar (Dubes) Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Dolecek, kagum dengan keindahan sejumlah destinasi pariwisata di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), khususnya destinasi super prioritas Danau Toba. Ceko berniat jalin kerja sama dan membangun hotel.

Liputan6.com, Medan Duta Besar (Dubes) Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Dolecek, kagum dengan keindahan sejumlah destinasi pariwisata di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), khususnya destinasi super prioritas Danau Toba. Ceko berniat jalin kerja sama dan membangun hotel.

Kekaguman diungkapkan Jaroslav Dolecek saat berkunjung ke Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan. Kedatangan Jaroslav Dolecek disambut Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut, R Sabrina.

"Saya sangat tertarik tentang keindahan alam di Sumatera Utara, mungkin nantinya kita bisa bekerja sama pembangunan hotel," kata Jaroslav Dolecek usai melihat paparan tentang ragam potensi yang dimiliki Sumut, salah satunya potensi wisata alam yang indah.

Dijelaskan Jaroslav Dolecek, maksud dan tujuannya datang ke Sumut antara lain untuk menjalin kerja sama pada bidang konservasi alam, ekonomi, juga pendidikan, dan berharap agar niat baik tersebut mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) sumut.

"Kami tertarik untuk menjalin kerja sama, sedikitnya ada sebanyak 25 perusahaan energi ramah lingkungan yang bisa diajak melakukan kerja sama nantinya," jelasnya.

Pada Juni 2021 mendatang rencananya Menteri Lingkungan Republik Ceko akan berkunjung ke Sumut, juga akan mengunjungi beberapa lokasi di Sumut, berkaitan dengan kerja sama yang akan dilakukan.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sambut Baik

Sekdaprov Sumut, Sabrina, menyambut baik apa yang disampaikan Duta Besar Ceko untuk Indonesia, selanjutnya akan melakukan rapat dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di ruang lingkup Pemprov Sumut, dan membahas kerja sama apa yang dapat dilakukan.

"Kita akan bahas apa yang bisa ditawarkan, jangan muluk-muluk, yang penting berdampak untuk masyarakat, jangan nanti asal MoU tapi tidak diaplikasikan," kata Sabrina.

Mengenai kerja sama di bidang pendidikan, Sabrina menyebut, Sumut dapat melakukan pertukaran pelajar ataupun dosen dengan Republik Ceko, serta melakukan kerja sama dalam hal penelitian.

Terkait rencana kunjungan Kementerian Lingkungan Republik Ceko ke Sumut, Sabrina menyatakan pihaknya akan siap menjamu dan memberikan pelayanan terbaik.

"Supaya mereka nanti punya kesan baik dengan daerah kita, dan harapannya dapat berdampak pada pembangunan kita," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.