Sukses

Urai Kemacetan, Ridwan Kamil Resmikan 2 Flyover di Bandung

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan jembatan layang atau flyover di Jalan Pelajar Pejuang 45 dan Jalan Jakarta di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (22/4/2021).

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan jembatan layang atau flyover di Jalan Pelajar Pejuang 45 dan Jalan Jakarta di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (22/4/2021). Kedua jembatan layang tersebut diharapkan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas.

Selain mengurangi kemacetan, kehadiran kedua jembatan layang ini juga untuk meningkatkan aksesibilitas wilayah.

"Karena dapat mengurangi antrean kendaraan. Dulu khsuusnya yang di Pelajar Pejuang padat sekali, tapi sekarang lancar dan relatif lebih nyaman," kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Jembatan layang di Jalan Jakarta memiliki lebar 40,8 meter dengan panjang keseluruhan kurang lebih 480 meter. Anggaran untuk menyelesaikan flyover ini sebesar Rp34 miliar.

Sedangkan, jembatan layang Jalan Pelajar Pejuang memiliki lebar 35,8 meter dan panjang keseluruhan 480 meter berbiaya Rp29 miliar. Kedua jembatan layang tersebut sudah diujicobakan sejak 15 Desember 2020 dan digunakan untuk melayani arus Natal dan Tahun Baru pada 2020.

Menurut Emil, pembangunan infrastruktur dasar jembatan layang tidak terkendala penganggaran karena didukung dana PEN sehingga proses pengerjaan di lapangan relatif tidak terganggu.

Namun, pihaknya berpesan pada Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jawa Barat agar bisa mempercepat urusan pembangunan infrastruktur seperti jembatan layang tidak lebih dari dua tahun.

"Saya titip membangun ini jangan sampai dua tahun. Satu tahun satu proyek, perencanaan, pelelangan lebih baik sehingga jumlah yang dibangun lebih banyak," ungkapnya.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rencana Bangun Jalan Layang Buah Batu

Emil mengatakan pekerjaan infrastruktur jalan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas Kota Bandung akan dikerjakan oleh pihaknya bersama pemerintah pusat. Salah satunya rencana membangun jalan layang dari Samsat Kiaracondong sampai Buah Batu. Selain itu, pihaknya juga tengah membaha NS Link Tol.

"Semua rencana ini dilakukan agar pergerakan orang dan barang di Kota Bandung semakin nyaman dan lebih baik," ujar mantan Wali Kota Bandung itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.