Sukses

Vaksinasi Drive Thru Role Model yang Bisa Dilaksanakan di Seluruh Indonesia

Liputan6.com, Medan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, vaksinasi drive thru adalah satu role model yang bisa dilaksanakan di seluruh wilayah di Indonesia, selain di Sumatera Utara (Sumut).

Hal itu disampaikan Hadi saat meninjau vaksinasi drive thru di Landasan Udara (Lanud) Soewondo eks Bandara Polonia, Kota Medan. Panglima TNI melihat proses vaksinasi, mulai dari proses pendaftaran melalui aplikasi, sampai dengan eksekusi.

"Semuanya berjalan lancar. Saya mendapatkan informasi dari beberapa daerah lain, yang sudah menjalankan model seperti ini. Kita harapkan, strategi untuk mencapai vaksinasi secara nasional dengan drive thru bisa terwujud," kata Hadi, Rabu (7/4/2021).

Selain Panglima TNI, turut meninjau proses vaksinasi drive thru Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, dan Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Panglima TNI mengimbau kepada masyarakat, meskipun sudah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19, tetap harus menjalankan protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah, termasuk menggunakan masker.

"Disiplin protokol kesehatan salah satu alat utama kita supaya terhindar dari infeksi Covid-19 walau sudah divaksin," sebutnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Optimisme Kapolri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut, dari beberapa strategi yang telah berjalan, dirinya sangat mengapresiasi model vaksinasi drive thru. Apalagi dirinya mendapat kabar, pendaftar paling banyak satu hari sebelum vaksinasi dilakukan.

"Lalu, sebanyak 1.000 orang dalam waktu singkat bisa divaksin. Semuanya dilayani dengan baik," sebutnya.

Kapolri yakin, program vaksinasi massal dalam membentuk herd immunity di wilayah Kota Medan secara umum dapat terlaksana dengan baik. Namun begitu, Listyo juga mengingatkan masyarakat untuk patuh protokol kesehatan.

"Supaya kita bisa terhindar dari wabah Covid-19 ini," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Target 1.000 Orang Divaksin per Hari

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, meninjau simulasi vaksinasi drive thru di Lanud Soewondo pada Selasa, 6 April 2021. Disampaikan Bobby, pihaknya berterima kasih kepada Halodoc yang sudah membantu Pemerintah Kota (Pemko) Medan dalam menggalakkan dan memassalkan vaksinasi.

"Target kita, sekitar 1.000 orang divaksi per hari. Vaksinasi drive thru ini sesuatu yang baru di Kota Medan. Kita banyak di-support Lanud Soewondo, parkirannya sangat luas," kata Bobby.

Menantu Presiden Jokowi itu megaku telah mengecek jalur atau rute vaksinasi drive thru, mulai dari pendaftaran, screening/cek kesehatan, tensi, wawancara, dan proses vaksinasi yang dilakukan di dalam mobil.

"Kalau nanti ada yang KIPI, kita sudah siapkan tempat ICU. Salah satu ruangan di VIP Lanud Soewondo," terangnya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut ini: