Sukses

Mengintip Persiapan Pecatur Dadang Dewa Kipas Hadapi Grand Master Irene Sukandar

Liputan6.com, Bandung - Pecatur daring Dadang Subur (60), pemilik akun Dewa_Kipas, yang diblokir Chess.com, bakal menghadapi Grand Master (GM) Wanita Irene Kharisma Sukandar. Bagaimana persiapan Pak Dadang menghadapi GM Irene?

"Saya baru beli papan catur saja, ini tadi malam belinya pas lagi hujan deras. Ya, ini masih hangat, baru dicoba sedikit-sedikit," ujar Dadang ditemui di kediamannya di Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/3/2021).

Nama Dewa Kipas mendadak viral di Indonesia sejak awal Maret 2021. Dewa Kipas berhasil mengalahkan GothamChess milik pecatur Amerika Serikat IM Levy Rozman pada pertandingan catur online di Chess.com. Namun, tak lama usai mengalahkan GothamChess, akun Dewa Kipas di Chess.com ditutup.

Dijadwalkan, Dadang bakal meladeni GM Irene pada Senin (22/3/2021) nanti. Pertarungan catur tersebut sedianya difasilitasi Deddy Corbuzier dan akan ditayangkan live via akun Youtube miliknya.

Dadang Subur sendiri mengaku sudah lama tak mempunyai papan catur. Bahkan, ia sudah sekitar delapan tahun vakum bermain di atas papan hitam putih tersebut.

"Saya sendiri sudah delapan tahun vakum main catur. Karena biasanya kalau main di handphone, itu pun jarang main juga," katanya.

2 dari 3 halaman

Ditawari Deddy Corbuzier

Dadang Subur mengungkapkan, dirinya sempat dihubungi Youtuber Deddy Corbuzier. Dalam kesempatan itu, Dadang langsung menerima tantangan GM Irene karena ditawari Deddy Corbuzier. Namun, ia menolak anggapan dirinya bertanding melawan Irene karena mencari popularitas.

"Yang ngajak kan sebetulnya Pak Deddy. Kalau pertandingan ini kan bukan apa-apa, hanya persahabatan," katanya.

Pensiunan pegawai BUMN ini mengaku pertandingannya dengan GM Irene bukan untuk menunjukkan kepada publik soal kemampuan Dewa Kipas dalam olahraga catur yang sesungguhnya. Sebaliknya, ia menghormati Irene yang seorang GM Wanita dengan Elo rating secara resmi.

"Karena Elo dia lebih tinggi apalagi dia menguasai permainan. Tapi kan karena Pak Deddy sudah ngajak, saya coba saja. Saya akan berusaha maksimal dan mudah-mudahan bisa mengimbangi WGM Irene," katanya.

Sebagai informasi, sistem Elo rating adalah suatu metode untuk menghitung tingkat keterampilan relatif pemain pada permainan antara dua pemain catur. Sistem ini juga digunakan sebagai sistem peringkat untuk permainan multi-pemain (multi-player) pada beberapa jenis permainan komputer.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini