Sukses

Kisah Lulusan Terbaik Unsri Sukses Jadi Influencer dan Motivator

Liputan6.com, Palembang - Universitas Sriwijaya (Unsri) menjadi kampus negeri yang banyak mencetak generasi muda berprestasi. Salah satunya Muhammad Imam Ammarullah (21).

Alumni Unsri Fakultas Teknik Mesin ini, diwisuda pada tahun 2019 lalu sebagai lulusan terbaik, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,71.

Warga Sumatera Selatan (Sumsel) ini pun, kini sedang meniti pendidikan di Magister Teknik Mesin di Universitas Diponogoro (Undip) Jawa Tengah (Jateng)

Muhammad Imam Ammarullah mengatakan, ada banyak kompetisi ilmiah yang dia ikuti dan akhirnya keluar sebagai pemenang. Seperti lomba essay, KTI dan poster ilmiah.

“Saya tak mau membuat orangtua kecewa. Makanya aktif juga di organisasi, pernah jadi Ketua Umum Ikatan Pemuda Peduli Sosial (IKASA) 2017-2018, Sekertaris Jendral Komunitas Muda Nuklir Nasional (KOMMUN) 2018-2019, dan beberapa organisasi lainnya" ucapnya, Kamis (4/3/2021).

Saat menjadi mahasiswa Unsri, Imam terpilih untuk menjalankan riset mengenai implan medis. Yang merupakan hasil kerja sama antara Unsri dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM), selama 6 bulan di Medical Devices and Technology Centre (MEDiTEC).

Karena menoreh banyak prestasi dan pengalaman, Imam yang juga menjadi influencer dan konten kreator di Sumsel ini, dipercaya menjadi pembicara dan motivator di berbagai diskusi, baik offline dan online.

Seperti salah satunya menjadi pembicara dalam seminar Ruang Kita, dengan mengusung tema ‘Managemen Waktu dan Prestasi’ pada 4 Juli 2020 lalu.

Pria kelahiran 14 April 1999 tersebut bercita-cita untuk kembali meneliti di sektor alat kesehatan, terutama implan medis. Serta melanjutkan pendidikan di jenjang Strata-3 (S3).

Menurutnya, pengembangan alat kesehatan di Indonesia merupakan peluang sekaligus tantangan.

“Karena kebanyakan alat kesehatan kita, masih impor dan ini tak boleh dibiarkan. Kita perlu produksi alat kesehatan secara mandiri, agar dapat meningkatkan daya saing," ujar alumni Unsri ini.

 

2 dari 3 halaman

Maksimalkan Jenjang Pendidikan

Pemilik akun Instagram @imamammarullah ini juga menyadari, jika pendidikan sangat penting untuk masa depannya. Maka dari itu, dia selalu memanfaatkan waktunya sebaik-baiknya, dengan memaksimalkan potensi yang dimilikinya.

Dia juga berpesan kepada para mahasiswa Unsri dan mahasiswa lainnya, agar memanfaatkan kesempatan meniti pendidikan dengan maksimal.

"Karena waktu tidak dapat diputar kembali, jangan sampai ada penyesalan di kemudian hari. Banyak orang-orang di luar sana, yang tidak punya kesempatan untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi karena berbagai alasan. Jadi, jadi jangan disia-siakan,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :