Sukses

Persiapan Perayaan Imlek di Banten Saat Pandemi Covid-19

Perayaan Imlek tahun 2572 yang jatuh pada tahun kerbau logam, akan dirayakan pada 12 Februari 2021 mendatang. Umat Buddha dan masyarakat Tionghoa di Kota Serang, Banten, menggelar tradisi membersihkan rumah ibadah dan patung dewa. 

Liputan6.com, Serang - Perayaan Imlek tahun 2572 yang jatuh pada tahun kerbau logam, akan dirayakan pada 12 Februari 2021 mendatang. Umat Buddha dan masyarakat Tionghoa di Kota Serang, Banten, menggelar tradisi membersihkan rumah ibadah dan patung dewa.

Perayaan Imlek di tengah pandemi covid-19 akan menjadi hal yang berbeda. Kegiatan bersih-bersih patung Buddha tetap dilakukan dengan patuh terhadap protokol kesehatan (prokes). Umat Buddha diharuskan tetap memakai masker hingga menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19.

"Kita ada bersih-bersih rumah ibadah, terutama patung Buddha. Setiap tahun kita juga mengadakan bersih-bersih satu tahun sekali, dibersihkan pakai air hangat, wangi-wangian, kembang, sabun," kata salah seorang umat Buddha di Vihara Kwan Ti Kong, Irvin Hersandi, Selasa (2/2/2021).

Usai datang ke vihara, umat Buddha disarankan segera mandi hingga mencuci pakaiannya agar mengurangi risiko penularan covid-19 yang kini sudah menembus angka 1 juta penderita di Indonesia.

"Pakai masker, di-fogging dulu, jadi masuk ke sini sudah bersih dulu. Umat juga kita sarankan pulang dari sini mandi, keramas," terangnya.

Di vihara yang berlokasi di Taman Lopang Indah (TLI), Kota Serang, Banten itu tidak akan ada perayaan Imlek secara besar-besaran. Begitu pun selama masa pandemi, mereka menggelar ibadah secara daring.

"Kegiatan ke depannya tidak ada, kegiatan kebaktian sementara ini terbatas, selebihnya kita pakai zoom," jelasnya.

Tahun Kerbau Logam diyakini mampu membawa aura positif bagi perkembangan karir, keuangan, asmara, dan kesehatan bagi shio lainnya. Selain memberikan berbagai aura positif, tahun Kerbau Logam diyakini akan memberikan dampak lebih pada beberapa shio.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.