Sukses

Mengungkap Penyebab TN Rawa Aopa Watumohai Bombana Terbakar 7 Hari

Sudah seminggu terbakar, pihak taman nasional di Bombana lambat melapor di Polisi.

Liputan6.com, Kendari - Kebakaran melanda Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) Kabupaten Bombana sejak Senin (25/1/2021) hingga Minggu (31/1/2021). Selama tujuh hari, lahan taman nasional terbakar seluas 17,5 hektare.

Kebakaran ini, diduga karena faktor manusia. Diduga, sengaja dibakar warga di sekitar lokasi. Hal ini diungkapkan Kepala Balai Taman Nasional, Ali Bahri.

"Saya kira itu faktor manusia, ada unsur kesengajaan dan ketidaksengajaan," kata Ali Bahri.

Dia menjelaskan, area taman nasional di Bombana berlokasi di sisi kanan dan kiri jalan penghubung antara Kabupaten Bombana dan Konawe Selatan. Lokasi yang terbakar, ada pada dua sisi jalan, waktunya berbeda sejak terbakar awal pekan lalu.

Terkait dugaan penyebab lahan terbakar, Kasat Reskrim Polres Bombana, AKP Asrun mengaku belum mendapatkan laporan. Pihaknya hanya membantu memeriksa dengan mobil patroli polisi di lahan taman nasional yang terbakar.

"Belum ada laporan itu, namun tadi anggota berusaha membantu," ujar Asrun, via telepon seluler.

Dia menyatakan, baru menerima telepon dari Kepala Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Bombana, Ali Bahri, Minggu (31/1/2021). Menurutnya, pihak balai baru akan melapor pada Senin (1/2/2021).

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.