Sukses

Bandara Pusako Anak Nagari Kembali Beroperasi, Pekanbaru-Pasaman Barat Hanya 45 Menit

Bandara Pusako Anak Nagari kembali beroperasi.

Liputan6.com, Pasaman Barat - Bandara Pusako Anak Nagari yang terletak di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat kembali beroperasi mulai Jumat (8/1/2021) setelah vakum selama kurang lebih dua tahun.

Pesawat perintis yang perdana mendarat tahun ini adalah pesawat Cessna Caravan berkapasitas 12 penumpang. Mulai tahun ini, pesawat dari Pekanbaru-Pasaman Barat dan sebaliknya beroperasi satu kali seminggu yakni pada hari Jumat.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat Rizaldi, mengatakan jadwal penerbangan dari Pekanbaru-Pasaman Barat sekitar pukul 09.05 WIB dan Pasaman Barat-Pekanbaru pukul 10.20 WIB.

"Untuk ongkos Pasaman Barat-Pekanbaru Rp311.100 dan Pekanbaru-Pasaman Barat Rp356.100 menggunakan pesawat Susi Air," katanya, Jumat (8/1/2021).

Menurutnya, sekali penerbangan bisa membawa sebanyak 12 orang penumpang, dengan anggaran subsidi pemerintah pusat.

Akses penerbangan ini, lanjutnya, sangat bermanfaat dan mempersingkat waktu menuju Pekanbaru yang hanya 45 menit. Jika menggunakan jalur darat bisa menempuh 9 jam perjalanan.

Rizaldi menyebut bandara ini merupakan kebanggaan masyarakat Pasaman Barat. Untuk itu ia berharap ke depan, fasilitas ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah menyetujui penerbangan di Bandara Pusako Anak Nagari.

"Mudah-mudahan penerbangan melalui badara ini dapat lancar dan mempermudah masyarakat," ia menambahkan.

Bandara Pusako Anak Nagari sebelumnya resmi beroperasi pada 2014, dengan rute Pasaman Barat - Padang dan sebaliknya.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.