Sukses

Jurus Perusahaan Retail Modern di Indonesia Hadapi Calon Tenaga Kerja Minim Kompetensi

Pengelola jaringan retail Alfamart , PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk memperoleh penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Liputan6.com, Yogyakarta- Pengelola jaringan retail Alfamart, PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk memperoleh penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Apresiasi Pendidikan Vokasi kepada Dunia Usaha dan Dunia Industri itu diberikan Direktur Mitra DUDI, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi, Kemendikbud, Ahmad Sauf, kepada Alfamart, Senin (21/12/2020).

Bukan tanpa alasan perusahaan retail modern di Indonesia ini mendapat penghargaan. Keberhasilan menjalankan program Alfamart Class dipandang berhasil menjadikan siswa-siswi lulusan sekolah vokasi menjadi tenaga kerja siap pakai di industri retail modern.

“Tantangan yang dihadapi oleh industri retail adalah calon tenaga kerja yang belum memenuhi kompetensi sesuai kebutuhan industri, terutama dari lulusan SMK,” ujar Human Capital Director Alfamart, Tri Wasono Sunu, dalam siaran persnya, Selasa (22/12/2020).

Ia menilai kerap terjadi ketidakcocokkan antara lulusan sekolah dengan kebutuhan industri, seperti tidak siap bekerja dan tidak siap secara kompetensi. Padahal, kebutuhan karyawan cukup tinggi dan cepat.

Oleh karena itu, Alfamart membuat Alfamart Class yang merupakan program kerja sama antara Alfamart dengan SMK terpilih untuk mendidik siswa menjadi lulusan yang siap bekerja dengan tetap mengacu pada peraturan dan ketentuan pendidikan nasional.

Siswa yang mengikuti Alfamart Class mendapatkan materi pedidikan di bidang retail modern, seperti, pengetahuan produk, persediaan produk, administrasi penjualan, transaksi penjualan, pelayanan pelanggan, kerja sama tim, dan orientasi pada prosedur kerja.

“Manfaat lain adalah lulusan Alfamart Class bisa langsung menjadi karyawan Alfamart dengan percepatan karier,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Alfamart juga menghibahkan laboratorium retail modern kepada tiap SMK yang bekerja sama supaya bisa melengkapi kompetensi dan keahlihan dari peserta didik Alfamart Class.

Sampai saat ini terdapat 215 SMK di berbagai kota dan kabupaten yang bekerja sama. Sebanyak 14.597 siswa aktif yang mengikuti pendidikan dan sudah ada 2.376 alumni Alfamart Class yang terserap bekerja di Alfamart ataupun anak perusahaan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.