Sukses

Mahyeldi-Audy Joinaldy Unggul Sementara Hitung Cepat Pilgub Sumbar

Mahyeldi-Audy Joinaldy unggul dalam hitung cepat Pilgub Sumatera Barat 2020.

Liputan6.com, Padang - Pasangan nomor urut 4 Mahyeldi-Audy Joinaldy unggul sementara dari dua lembaga yang melakukan hitung cepat Pilgub Sumatera Barat 2020.

Pantauan Liputan6.com, lembaga survei Voxpol Center suara yang sudah masuk sebanyak 87,33 persen, dari angka tersebut Mahlyedi-Audy memperoleh suara 32,87 persen.

Kemudian disusul pasangan nomor urut 2 Nasrul Abit-Indra Catri 30,84 persen, sementara pasangan nomor urut 1 Mulyadi-Ali Mukhni meraih suara 27,13 persen dan terakhir pasangan nomor urut 3 Fakhrizal-Genius Umar 9,85 persen.

Sedangkan, lembaga lainnya yang ikut melakukan hitung cepat Poltracking Indonesia terhitung suara yang masuk sebanyak 87,60 persen. Pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy juga memperoleh suara terbanyak yakni 32,78 persen.

Selanjutnya, disusul Nasrul Abit-Indra Catri 30,84 persen, Mulyadi-Ali Mukhni 26,53 persen dan Fakhrizal-Genius Umar 9,85 persen.

Hasil hitung cepat tersebut, disambut gembira oleh pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy. Keduanya langsung datang ke posko pemenangan disambut pendukung yang sedang menyaksikan siaran hasil hitung cepat.

Calon wakil gubernur, Audy Joinaldy mengatakan hitungan cepat itu metode ilmiah, dapat dipertanggungjawabkan dan disiarkan di TV nasional, masyarakat dapat melihat real angka tersebut apa adanya.

"Selisihnya hampir 3 persen, mari kita kawal perolehan suara ini sampai di KPU," katanya.

Selain itu, lanjutnya, berdasarkan hitungan cepat KPU saat ini pihaknya juga unggul walaupun data yang masuk masih belum banyak. Begitu juga dengan hitungan cepat yang dilakukan secara internal lewat saksi-saksi di TPS.

"Ada tiga sumber hitungan cepat, tiga-tiganya unggul, untuk hitungan cepat internal kita belum sebut angkanya, tetapi kita unggul," katanya.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.