Sukses

Pekerja Proyek di Bali Temukan Terowongan Peninggalan Belanda

Liputan6.com, Denpasar Seorang pekerja proyek di Buleleng, Bali, temukan terowongan yang diduga adalah peninggalan Belanda. Terowongan tersebut di temukan saat pekerja proyek melakukan penggalian bendungan Tamblang di Desa Sawan, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali.

Gede Dody, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng menjelaskan telah di temukan goa atau terowongan di lokasi proyek pembangunan. "Saya berkunjung ke sana (lokasi terowongan) karena telah ada informasi penemuan terowongan diduga peninggalan Belanda di lokasi proyek," ujar dia.

Temuan yang sempat membuat geger tersebut, Dody melanjutkan, panjangnya berukuran 480 meter dengan lebar sekitar 70 centimeter dan tinggi sekitar 170 centimeter itu ternyata memiliki banyak cabang dan sudah tertutup tanah.

"Menurut penuturan para tetua di Desa Sawan, bahwa terowongan tersebut telah ada sejak jaman Belanda. Terowongan itu dibuat sebagai saluran irigasi rencananya sampai Desa Jagaraga. Namun, karena menemui bebatuan yang keras sehingga tidak dilanjutkan," katanya.

 

2 dari 2 halaman

Sebagai Daya Tarik Wisata

Menurutnya, pihaknya belum menemukan temuan lain di sekitar terowongan yang diduga peninggalan jaman Belanda itu.

“Terowongan atau lokasi itu  tidak ditemukan barang-barang peninggalan sejarah masa lalu. Ssebagian dari terowongan tersebut berada di lokasi inti proyek termasuk wilayah genangan dan sebagiannya lagi di luar lokasi proyek," ujar dia.

Sementara itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas PU Provinsi Bali agar temuan terowongan peninggalan Belanda itu tidak terdampak dengan pembangunan yang telah dilakukan di area terowongan itu.

“Ini (terowongan) seharusnya bisa diajukan sebagai warisan budaya. Kami akan usulkan dapat dibuatkan akses jalan menuju lokasi yang akan menjadi daya tarik wisata di lokasi Bendungan Tamblang," kata Dody.