Sukses

RSUD dr R Soetrasno Rembang Gencar Cari Donor Plasma dari Eks Pasien Covid-19

Liputan6.com, Rembang - Plasma konvalesen atau plasma darah pasien yang sembuh dari Covid-19 dikabarkan mampu mengurangi risiko kematian pada penderita Covid-19. Sekarang ini, RSUD dr R Soetrasno bersama PMI Rembang sedang gencar mencari pendonor plasma dari pasien yang sudah sembuh dari Covid-19.

Kepala Dinas Kabupaten (DKK) Rembang, Ali Syofii mengatakan, seorang pasien yang telah dinyatakan sembuh dari infeksi virus tersebut, di dalam tubuhnya terdapat antibodi yang kebal terhadap Covid-19.

"Dalam pengembangannya antibodi yang terkandung dalam plasma darah ketika ditranfusikan kepada pasien terinfeksi Covid-19 membawa dampak kesembuhan bagi pasien Covid-19 yang sedang dirawat," ujar Ali Syofii, Kamis (3/12/2020).

Ali Syofii menjelaskan, agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang terinfeksi Covid-19, plasma konvalesen harus melalui sejumlah tahapan. Saat tahap pengambilan maupun pemberian plasma konvalesen tidak bisa sembarangan.

Dalam prosesnya, kata dia, akan dipilah sesuai dengan kategori dan persyaratan yang telah ditentukan.

"Pendonor harus memenuhi kriteria, misalnya pendonor yang kondisinya fit, umur antara 17 sampai 40 tahun, kondisinya baik, tidak memiliki penyakit penyerta, dan lain-lain," jelas Ali Syofii.

Di sisi lain, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI guna mendapatkan alat yang berfungsi untuk menyiapkan plasma konvalesen tersebut, sehingga nantinya darah yang didonorkan oleh mantan pasien Covid-19 dapat segera diolah menjadi plasma yang siap digunakan dalam terapi penyembuhan Covid-19.

Lebih lanjut, dia menyampaikan, bahwa saat ini RSUD dr R Soetrasno Rembang telah bekerjasama dengan sejumlah rumah sakit lain untuk mendapatkan plasma konvalesen tersebut, di antaranya dari Sidoarjo, Surabaya, dan daerah lainnya.

"Ini sudah kita siapkan untuk pendekatan-pendekatan dengan pasien Covid-19 yang sudah sembuh agar bersedia sebagai pendonor, sehingga dapat meningkatkan kesembuhan pasien Covid-19 di Kabupaten Rembang," dia memungkasi.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: