Sukses

Hasil Pemeriksaan 3 ASN yang Fotonya Viral saat Nongkrong Sambil Minum Bir

BKD Sulsel telah memanggil ketiga ASN yang fotonya viral itu.

Liputan6.com, Makassar - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulawesi Selatan telah memanggil Aparatur Sipil Negara (ASN) yang fotonya viral saat sedang asyik nongkrong sambil menenggak minuman beralkohol atau bir di salah satu kafe yang ada di Kota Makassar. 

Kepala BKD Sulawesi Selatan, Imran Jauzi mengatakan bahwa pemanggilan itu bertujuan untuk melakukan pemeriksaan awal terkait foto yang viral di media sosial beberapa hari belakangan ini.

"Sudah kita panggil tadi, sudah kita lakukan pemeriksaan awal juga," kata Imran Jauzi kepada Liputan6.com, Rabu (4/11/2020) malam. 

Imran menyebutkan bahwa ASN yang dipanggil berjumlah tiga orang. Mereka semua adalah ASN yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji Kota Makassar. 

"Tiga orang yang kita panggil adalah ASN Rumah Sakit Haji," sebutnya.

Dari hasil pemeriksaan awal, ketiga ASN itu pun tidak memungkiri bahwa mereka lah yang berada di dalam foto yang telah beredar luas itu. Meski begitu, Imran menuturkan bahwa pihaknya akan melakukan pemeriksaan lebih mendalam lagi. 

"Mereka tidak bisa mengelak karena fotonya jelas, tapi kita masih butuh pendalaman dari pihak terkait," jelasnya. 

Sore tadi, lanjut Imran, tim dari BKD Sulsel telah mendatangi kafe yang diduga sebagai tempat ketiga ASN itu nongkrong sambil minum bir. 

"Sudah, tadi sore tim sudah ke sana. Nama kafenya Grind & Pull di Jalan Mappanyukki," akunya. 

Dala waktu dekat, pihak BKD Sulsel pun akan memastikan sanksi apa yang diberikan kepada tiga ASN yang menenggak bir saat sedang menggunakan pakaian dinas itu. Nantinya, kata Imran, pelanggaran mereka akan diklasifikasi ke dalam pelanggaran jenis ringan, sedang atau berat. 

"Ada prosedurnya, mungkin dua atau tiga hari kedepan sudah ada keputusannya," dia memungkasi.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral di Media Sosial

Sebuah foto sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang asyik nongkrong di salah satu kafe di Kota Makassar viral di media sosial. Bagaimana tidak, dalam foto tersebut, para ASN itu asyik kongko sambil menenggak minuman beralkohol atau Bir.

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman pun geram. Ia meminta BKD dan Inspektorat untuk segera turun tangan mencari tahu siapa saja ASN yang berada di dalam foto tersebut.

"Kami meminta kepada tim dari BKD dan Inspektorat untuk segera turun menginvestigasi dugaan ASN tersebut dan periksa sesuai aturan" kata Andi Sudirman dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/11/2020).

Adik mantan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman itu memastikan jika nantinya dari hasil investigasi seluruh ASN yang berada dalam foto tersebut terbukti bersalah. Maka mereka akan diberikan sanksi tegas.

"Karena seorang ASN harus menjaga kode etik apalagi tertangkap kamera mengenakan seragam," imbuhnya.

Meski begitu, lanjut Andi Sudirman, pihaknya akan tetap mengedepankan asas praduga tidak bersalah. Pihak BKD dan Inspektorat pun diminta untuk mengumpulkan bukti yang cukup dan kuat sebelum memberikan sanksi kepada seluruh ASN yang fotonya viral itu.

"Tetap kedepankan tabayyun atau memvalidasi sebuah berita atau informasi yang datang, sebelum menyimpulkan," ujarnya.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulawesi Selatan, Imran Jauzi memastikan akan menindak lanjuti instruksi dari Wakil Gubernur Sulsel tersebut. Ia mengatakan pihaknya akan memanggil seluruh ASN yang berada dalam foto viral itu untuk diperiksa.

"Insya Allah kami akan periksa yang bersangkutan," ucap Imran singkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.