Sukses

Bangkitkan Pariwisata, Wings Air Buka Rute Baru Kupang - Ruteng

Pariwisata merupakan industri yang paling terdampak pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Serang - Nusa Tenggara Timur (NTT), salah satu surga tersembunyi di wilayah Indonesia. Keindahan alamnya, membuat siapapun yang datang pasti terpesona. Sebut saja pemandangan alam menuju Desa Fatumnasi, Air Terjun Oenesu dan Tesbatan, hamparan birunya Pantai Kolbano atau sunset di Pantai Tablolong. Terpenting lagi, bisa menikmati kuliner serta wisata belanja industri kerajinan.

Sebut saja Flores hingga Ruteng, daerah yang akrab dikalangan pebisnis dengan keunggulan budaya hingga keindahan alamnya mampu memikat siapa saja yang datang.

Membangkitkan perekonomian sektor wisata di tengah pandemi Covid-19, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun semua pihak harus saling bergotong-royong. Termasuk maskapai penerbangan dari Wings Air yang akan membuka rutenya ke daerah tersebut.

"Rencana pembukaan jadwal penerbangan terbaru dari Kupang ke destinasi favorit NTT yakni Ruteng, merupakan langkah strategis guna mengakomodir kebutuhan permintaan wisatawan, pebisnis dan masyarakat terhadap transportasi udara," kata Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro, melalui pesan elektroniknya, Senin (02/11/2020).

Pembukaan rute penerbangan itu sedang dalam persiapan dan diharapkan bisa selesai dalam waktu singkat. Sehingga keinginan masyarakat untuk berwisata dan pebisnis menanamkan modalnya, bisa segera terealisasi dengan cepat.

Harapannya, jika semakin banyak wisatawan datang ke berbagai destinasi wisata tanpa melupakan protokol kesehatan, roda perekonomian masyarakat dan investasi nasional bisa terus berkembang ditengah pandemi Covid-19. Penerbangan itu nantinya akan dilayani oleh pesawat canggih ATR 72-500 dan ATR 72-600.

"Penerbangan berjadwal akan dioperasikan dari Kupang melalui Bandar Udara Eltari ke Bandar Udara Frans Sales Lega di Ruteng. Saat ini, Wings Air tengah mempersiapkan serta berkoordinasi bersama pihak terkait sehubungan dengan layanan dan operasional," terangnya.

Prokes Covid-19 di akui oleh Danang akan terus diterapkan dalam setiap penerbangan, seperti wajib memakai masker hingga menjaga kebersihan di dalam kabin pesawat.

Usai digunakan dalam penerbangan, setiap pesawat akan di sterilisasi oleh tim teknisi dan aircraft interior exterior cleaning (AIEC), meliputi Aircraft Interior Cleaning (membersihkan bagian dalam pesawat) dan Aircraft Exterior Cleaning (membersihkan bagian luar pesawat).

"Mengatur proses masuk dan keluar penumpang dari pesawat udara secara berurutan guna meminimalkan kepadatan. Pada pesawat ATR, naik dan turun dari pintu bagian belakang. Hal ini akan meminimalsir interaksi bertatapan langsung antara penumpang. Terbang tetap aman dengan pedoman protokol kesehatan," jelasnya.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.