Sukses

Brimob Polda Sumut Disiagakan saat Libur Panjang Maulid Nabi

Untuk mengantisipasi gangguan Keamanan, Ketertiban, Masyarakat (Kamtibmas) selama libur panjang Maulid Nabi SAW sekaligus cuti bersama, personel Satuan (Sat) Brimob Polda Sumatera Utara (Sumut) disiagakan.

Liputan6.com, Medan Untuk mengantisipasi gangguan Keamanan, Ketertiban, Masyarakat (Kamtibmas) selama libur panjang Maulid Nabi SAW sekaligus cuti bersama, personel Satuan (Sat) Brimob Polda Sumatera Utara (Sumut) disiagakan.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sumut, Kombes Pol Abu Bakar Tertusi mengatakan, personelnya telah melaksanakan patroli skala besar di seputaran Kota Medan sejak Rabu, 28 Oktober 2020.

"Sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat, kita harus senantiasa memberikan rasa aman dan menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif," kata Abu Bakar, Kamis (29/10/2020).

Abu Bakar juga mengimbau kepada personelnya agar tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan saat momentum libur panjang, serta tetap menggunakan masker agar terhindar dari Covid-19. Patroli skala besar dilakukan dengan mengambil rute jalan protokol Kota Medan.

"Patroli skala besar kemarin diikuti sebanyak 65 personel Brimob menggunakan kendaraan dinas dan dibekali perlengkapan," ujarnya.

Humas Sat Brimob Polda Sumut, Brigadir Rizki SN menjelaskan, libur panjang kali ini merupakan waktu favorit bagi keluarga untuk berkumpul dan liburan. Personel Brimob Polda Sumut disiagakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

"Tidak ada kata libur bagi kita, karena Polri merupakan garda terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat. Kehadirannya senantiasa dibutuhkan masyarakat," sebut Rizki.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

Masyarakat Kota Medan diimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan saat libur panjang, karena banyak masyarakat beraktifitas di luar rumah untuk liburan. Tujuannya mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

"Imbauan itu berantai dari pusat, ke provinsi, lalu ke kita," ucap Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan, dr. Mardohar.

Protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, serta menghindari kerumunan. Protokol kesehatan bersifat wajib dilakukan. Begitu juga masyarakat yang keluar kota dengan penerbangan, harus melewati rapid test.

"Itu ketentuannya. Tunjukkan tiket, terus rapid test," ujarnya.

Kepada pengelola wisata harus menyediakan fasilitas sesuai protokol kesehatan, terutama saat libur panjang. Pihaknya juga selalu melakukan sosialisasi kepada pengelola tempat wisata tentang penerapan protokol kesehatan.

"Implementasi di masyarakat harus dikuatkan," Mardohar mengungkapkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.